Resto Khas Jawa Tengah

Restoran berkelas yang menyajikan menu khas Indonesia makin menjamur. Menikmati sayur asem di restoran ber-AC sambil ditemani alunan musik merupakan hal yang lumrah saat ini.

Tengok saja saat jam makan siang atau malam, restoran-restoran tradisional berkelas yang menjamur seperti Pitik Ijo, belakangan ini banyak dipadati pengunjung. Walaupun terbilang baru, pemandangan saat jam makan siang di restoran Pitik Ijo yang berlokasi di Jalan Pesangrahan Jakarta Barat ini sudah ramai pengunjung.

Setiap ada pengunjung datang, semua pelayan yang ada di rumah makan khas Jawa Tengah itu akan meneriakkan, “Pitik Ijo Jus Mango, Yuk Monggo,” yang berarti mempersilahkan tamu untuk masuk.

Begitu masuk ke restoran itu, atmosfer daerah Jawa Tengah langsung menyergap. Keramahan para pelayan berseragam batik pun menemani pengunjung bersantap di ruangan ber-AC yang didominasi kayu berwarna cokelat tua itu.

Bahkan, di salah satu dinding pun terpampang caping-caping yang menggambarkan aktivitas masyarakat pertanian Jawa Tengah. Selain itu, resto ini pun dilengkapi dengan tempat makan lesehan yang terdapat kentongan di atasnya.

Resto dengan kapasitas sekitar 100 orang yang dilengkapi dengan tempat makan lesehan ini menyediakan ragam menu seperti, Pitik Goreng, Pitik Ijo, Bebek Goreng, Bebek Bakar, Pitik Bakar, Nasi Goreng Cabe Ijo, Nasi Goreng Ruwet, Asem-asem Iga Sapi, Bandeng Goreng Tanpa Duri, Bandeng Bakar Tanpa Duri, Bawal Bakar, Bawal Goreng, Tahu Kremes dan lainnya. Dilengkapi pula dengan aneka minuman seperti, Es Dawet, Es Campur, Es Degan ala Jawa dan lainnya.

Menurut Pemilik Pitik Ijo, Melia, sebenarnya Pitik Ijo lebih dulu berdiri di BSD Serpong satu tahun lalu. Melihat perkembangan di sana yang cukup baik, kami coba membuka cabang baru di lokasi ini. “Dengan adanya Pitik Ijo, Anda yang kangen dengan masakan khas Jawa Tengah tidak perlu jauh-jauh pergi ke sana,” tukasnya.

Selain itu, Pitik Ijo pun menyediakan ragam paket seharga Rp 18 ribu yang di antaranya, Paket Ijo yang terdiri dari ayam goreng, sayur asem, nasi putih dan lalapan. Selain itu, ada pula Paket Top yang terdiri dari soto ayam, tempe, tahu dan nasi putih. Untuk Paket Sip terdiri dari empal goreng, sayur asem, nasi putih dan lalapan.

Sedangkan Paket Jos terdiri dari sop buntut, perkedel, nasi putih dan lalapan dengan harga Rp 26 ribu. Serta Paket Nyoss yang terdiri dari asem-asem iga sapi, tempe tahu dan nasi putih dengan harga Rp 23 ribu.

Selain bisa dinikmati di tempat, Pitik Ijo juga menyediakan layanan antar dengan minimum order Rp 50 ribu. Tempat ini sangat cocok jika digunakan untuk pesta pernikahan, arisan, ulang tahun dan lainnnya. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke resto ini, Pitik Ijo buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00.

Aneka Menu Andalan
Suasana nyaman dan kerinduan kuliner daerah, boleh dibilang menjadi pendorong konsumen, terutama kelas menengah, untuk berbondong-bondong datang ke restoran khas Indonesia. Hal tersebut juga ditambah dengan menu tradisional yang membuat mereka rindu dengan kampung halamannya.

Menu andalan di resto ini, menurut Melia, semua menu yang tersedia merupakan menu andalan kami. Namun, menu yang menjadi favorit pelanggan di antaranya, Pitik Ijo, Bebek Goreng, Nasi Goreng Ruwet Semarang, Nasi Goreng Cabe Ijo, dan Asem-Asem Iga Sapi.

Menu-menu tersebut mempunyai kelebihan masing-masing. Sebut saja Pitik Ijo, menu ini terbuat dari ayam yang sudah diberi bumbu dan kemudian digoreng. Setelah matang dan masih dalam keadaan panas, ayam ini di-penyeti oleh sambel ijo dan ditaburi semacam kremes di atasnya.

Selain itu, ada pula Nasi Goreng Ruwet Semarang. Menu ini terdiri dari nasi putih yang digoreng menggunakan sambel ijo dicampur dengan ikan asin. Nasi goreng ini mempunyai cita rasa yang gurih dan terbilang sangat pedas. Jika Anda penggemar makanan pedas, menu yang satu ini bisa menjadi pilihan.

Menu andalan lainnya adalah asem-asem iga sapi. Asem-asem yang kuahnya berwarna coklat dengan rasa asem manis ini benar-benar gurih dan lezat. Rasanya jelas berbeda dengan yang ada di resto lain. “Biasanya, asem-asem hanya terdapat daging ayam atau daging sapi saja. Di sini, kami menggunakan iga sapi. Inilah yang membuat kami beda dengan yang lain,” ujar Melia.

Selain makanan, Pitik Ijo pun mempunyai beberapa minuman andalan khas Jawa Tengah. Salah satunya adalah es dawet special yang terbuat dari dawet Semarang dengan bentuk yang lebih panjang dan lebih kenyal. Dalam 1 mangkuk es dawet special ini, terdapat buah nangka, durian dan lainnya. Minuman lain yang tidak kalah nikmatnya adalah es degan Ala Jawa. Minuman yang merupakan es kelapa muda ini dilengkapi dengan gula merah sehingga rasanya lebih segar.

Read More ..

Pria, Wanita, dan Anjing Laut

Beberapa hari yang lalu, saya sedang menikmati film dokumenter di Animal Planet tentang kehidupan anjing laut. Di saat musim kawin, anjing laut akan berkumpul di sebuah daratan atau pulau kecil. Sang betina akan berusaha menarik perhatian pejantan, dan sebuah acara kompetisi pun diadakan di pulau itu.

Para pejantan saling bergulat untuk menunjukkan kebolehan, kegesitan, dan kekuatannya. Untuk pejantan yang memenangkan pertarungan, sang betina memperbolehkan sang jantan kawin dengannya.

Dari kisah anjing laut di atas, bisa kita ambil kesimpulan: sang betina menyukai pejantan yang lebih unggul dari pejantan lain, karena sang betina menginginkan keturunan yang unggul. Selain itu, sang pejantan yang memenangkan kompetisi tersebut membuktikan bahwa ia mampu menjaga dan melindungi sang betina dan anak-anaknya kelak.

Tidak hanya anjing laut saja yang mempunyai ritual-ritual sebelum masa perkawinan. Banyak sekali contoh ritual dari hewan-hewan lain yang mempunyai ritual yang lebih unik dan beragam untuk mencari pasangan.

Pada prinsipnya, kehidupan romansa kita sebagai manusia juga tidak berbeda jauh dengan anjing laut dan hewan-hewan lainnya. Karena manusia memang sama-sama berada dalam klasifikasi kingdom animalia atau metazoa dengan hewan-hewan tersebut. Tapi, karena kita mengalami proses evolusi yang lebih sempurna dan kompleks, budaya dan ritual romansa kita pun jauh lebih berkembang dan rumit.

Coba Anda ingat saat-saat di mana Anda menjalin hubungan yang cukup dekat dengan seorang wanita, mungkin PDKT, TTM atau pacaran. Pasti sering muncul masalah-masalah yang terjadi di antara Anda dan dia, yang kalau dipikir secara logis, sebenarnya masalah-masalah tersebut sangat sepele bahkan tidak penting. Tapi justru malah menjadi sebuah masalah besar, contohnya: masalah terlambat, sms atau telpon, cemburu-cemburuan, dsb.

Setiap ada masalah, Anda langsung berusaha memberi alasan dan memberi solusi yang masuk akal. Tapi meskipun semua alasan Anda logis, seperti satu tambah satu pastilah dua, wanita sepertinya tidak bisa mengerti. Akibatnya, banyak pria yang beranggapan bahwa wanita itu makhluk yang over sensitif, emosional, dan jarang menggunakan logika dengan baik dalam melihat permasalahan. Tapi itu adalah anggapan yang sebenarnya tidak relevan karena mereka juga diciptakan memiliki volume otak yang sama dengan pria.

Mungkin memang sebenarnya Anda tidak bersalah pada si dia, tapi sebenarnya Anda sudah melakukan kesalahan terhadap DIRI ANDA SENDIRI.

Justru wanita adalah makhluk yang cerdas. Semua masalah dan komplain yang diberikan pada Anda adalah sebuah cara yang dilakukan wanita, secara sadar atau tidak, yang saya sebut sebagai 'studi kelayakan berkala'.

Mekanisme ini akan menjadi malapetaka bagi pria, apabila kita tidak mengerti dan tidak menyadari fungsi tersebut. Dari persoalan-persoalan kecil yang tidak penting inilah mekanisme tersebut secara otomatis diaktifkan, yang memicu si wanita melakukan sebuah "studi kelayakan" secara berkala pada Anda, yang muncul dalam bentuk keributan dan masalah-masalah yang diberikan si wanita pada si pria.

Dengan memberikan banyak masalah dan komplain yang membuat sakit kepala Anda, si wanita mencoba menguji dan menilai kelayakan Anda sebagai seorang pria yang unggul. Apabila masalah sepele yang diberikan si wanita saja tidak mampu Anda tangani, maka dia pun akan menganggap Anda tidak akan mampu menyelesaikan persoalan-persoalan yang lebih besar, persoalan dalam hal-hal lainnya yang mungkin akan dihadapi di masa depan.

Mungkin ini adalah cara yang tidak cerdas dan mengada-ngada menurut pandangan Anda sebagai pria, tapi menurut wanita ini adalah cara cerdas untuk menjamin kelangsungan hidup si wanita, keluarganya, dan keturunannya. Karena itu, wanita HARUS terus memberi masalah demi masalah pada Anda. They can't help it! Ini adalah kenyataannya.
Apabila kemudian si wanita sudah menganggap Anda tidak mampu dan gagal membuktikan kompetensi Anda sebagai seorang pria yang mampu mengatasi "studi kelayakan" yang diberikannya, maka si wanita secara sadar atau tidak, akan berusaha dan mencoba mengambil alih fungsi dan peranan Anda sebagai pria.

Anda bisa lihat hal ini terjadi di sekitar Anda. Hubungan-hubungan di mana pihak wanita menjadi pihak yang dominan, yang menentukan segala sesuatu dan memegang tali di leher si pria. Sebuah hubungan yang mirip seperti Paris Hilton dengan Tinkerbell, anjing chihuahua kesayangannya. Karena telah banyak berinvestasi energi dan emosi serta menghabiskan waktu bersama-sama, si wanita memang menyayangi si pria. Tapi itu adalah rasa sayang yang sama yang Anda rasakan terhadap anjing atau kucing tercinta Anda, atau seperti rasa sayang majikan pada anak buahnya yang telah lama bekerja keras untukknya dengan setia. Itu BUKAN rasa sayang dan kagum seperti seorang ratu memandang rajanya.

Yang mana yang kerap Anda alami?
Karena Anda dianggap tidak layak, kemungkinan yang paling bagus adalah dia akan meninggalkan Anda dan mencari pria lain yang lebih kompeten. Dan Anda akan terbebas sementara sampai akhirnya Anda menemukan 'majikan' baru. Sedangkan kemungkinan yang terburuknya adalah, Anda akan selalu berada di bawah kendali si wanita selamanya.

Yang manapun yang terjadi, akhirnya Anda hanya bisa meratapi nasib Anda sendiri di ujung kamar Anda yang gelap, suram dan kelam, sambil menyalahkan si wanita. Padahal Anda sudah mengorbankan banyak hal demi si wanita. Anda sudah membuktikan ketulusan cinta, dan membuang segala harga diri Anda demi dia. Tapi semua kebaikan Anda itu tidak ada artinya lagi, apabila Anda sudah di pandang sebelah mata oleh si wanita, karena dianggap tidak layak dalam menjalankan peranan sebagai seorang pria.

Saya ingin mengajukan satu saran untuk merespon studi kelayakan wanita yang sedang Anda dekati: sadari apa yang sedang terjadi dan cari cara menonaktifkan alarm tersebut dengan cara cerdas, tepat dan dewasa sehingga sang wanita melihat Anda lulus dan terbukti menjadi pasangan terbaiknya.(Hitman System)

Read More ..

Kompetisi Usaha Servis Elektronik

Kebanyakan orang hanya bisa membeli, tapi tidak bisa memerbaiki produk elektronik yang dimiliki. Karena itulah, bisnis perbaikan atau servis produk elektronik memiliki pangsa pasar.

Seperti dialami Rahmat yang tinggal di Kebon Jeruk. Bapak dua anak ini kebingungan ketika DVD player yang dibeli 2 tahun silam tidak bisa lagi membaca keping DVD karaokenya. Padahal, setiap harinya Rahmat gandrung sekali berkaraoke. Entah itu lagu dangdut atau lagu lawas yang digemarinya.

Karena memang tidak tahu harus bagaimana dan dia juga “buta” dengan masalah elektronik, akhirnya dibawalah DVD playernya ke tempat servis elektronik yang tidak jauh dari rumah. Singkat kata, tidak sampai setengah jam, barang elektronik kesayangannya sudah “sehat” kembali.

Menurut teknisi di tempat perbaikan elektronik, DVD player milik Rahmat hanya kotor optic-nya. Jadi sebenarnya, hanya cukup dibersihkan saja. Tidak ada suku cadang yang harus diganti.

Akh, begitu mudahnya perbaikan itu. Tapi, Rahmat tidak tahu. Begitulah contoh kasus yang sering dialami masyarakat dengan produk elektroniknya. Hanya bisa membeli, tapi tidak bisa memerbaiki.

Selain alasan di atas, perkembangan usaha servis atau perbaikan produk elektronik juga dipicu oleh jumlah produksi dan tingginya pemilik produk elektronik. Harganya pun terus bersaing dan semakin relatif terjangkau segala lapisan masyarakat. Apalagi sekarang ini banyak sekali produk asal China yang terbilang lebih murah.

Lihat saja, hampir di setiap rumah, pasti memiliki barang elektronik. Entah itu hanya sekedar televisi 14” atau VCD player seharga Rp 100 – 200 ribu. Mereka-mereka inilah pangsa pasar dari usaha servis produk elektronik.

Fenomena tersebut ternyata memang dirasakan pemilik usaha servis elektronik seperti Wani. Menurutnya, saat ini, pelanggan yang lumayan banyak adalah mereka yang ingin menyervis AC, kulkas dan mesin cuci. Banyak masyarakat yang memang sudah memiliki peralatan elektronik tersebut.

“Dulu, barang-barang elektronik seperti itu hanya dimiliki kalangan tertentu saja. Tapi saat ini, orang yang rumahnya masih sewa/ngontrak saja sudah menggunakannya. Hal inilah yang menyebabkan kebutuhan jasa servis elektronik terus meningkat,” ungkapnya.

Dalam melayani konsumen, para pengusaha servis elektronik tidak pilih-pilih. Baik dari segi wilayah maupun jenis konsumennya. Biar tempat usahanya ada di Puri Indah, mereka tidak menolak bila harus datang ke Bekasi, misalnya.

Begitu juga kalau harus datang ke sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan. Mereka tidak segan-segan menerima order dari perusahaan besar sekali pun. Malah mereka akan senang menerimanya karena biasanya perusahaan tersebut akan menjadi pelanggan tetap.

Hal tersebut diakui Pemilik Kurnia Teknik, Benny. Pelanggan usahanya bukan hanya di Jakarta, tapi juga sampai ke Tangerang dan Bogor. “Konsumen saya cukup banyak dari kalangan perorangan, perkantoran, instansi, sampai sekolahan,” jelas Benny.

Sedangkan Wani, dengan dibantu 4 orang tenaga mekanik, melayani segala lapisan masyarakat dan perkantoran. Salah satunya adalah Kantor Kementrian Pemberdayaan Perempuan di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. “Saya sudah merawat AC di kantor tersebut sejak 1997,” tukasnya.

Servis AC
Sebagian besar usaha servis elektronik, bisa merawat dan memerbaiki semua produk, tapi yang banyak dicari masyarakat adalah perawatan AC. Hal itu karena memang pendingin ruangan tersebut perlu perawatan rutin tiap beberapa bulan. Kalau tidak, AC akan boros listrik dan tidak maksimal suhu dinginnya.

Kurnia Teknik mempunyai data pelanggan yang setiap 2 - 3 bulan akan diingatkan untuk masa servis. Hal inilah yang biasa disebut sebagai pelanggan. Biasanya, perlakuan servis tersebut berlaku untuk pemeliharaan AC yang harus dibersihkan setiap 3 bulan sekali.

Dengan begitu, para pengusaha tersebut, bila sudah memiliki banyak pelanggan, akan bisa memerkirakan pendapatannya tiap bulan. Tapi, hal itu juga tidak bisa menjadi jaminan karena ada juga konsumen yang menolak rutinitas perawatan AC, meski sudah menjadi pelanggan.

Dalam menawan pelanggan, usaha servis produk elektronik, seperti halnya usaha jasa lainnya, akan memberikan pelayanan dan purna jasa yang baik. Misalnya, memberikan garansi atau nilai lebih lain yang menguntungkan konsumen.

Seperti dilakoni Puri Teknik yang berani memberikan garansi sekitar 3 bulan. Menurut Wani, Puri Teknik tidak main-main dalam hal ini. Saya sendiri akan segera menindaklanjuti pelanggan yang kurang puas dengan layanan yang diberikan. Saya tidak ingin pelanggan kecewa, makanya saat ini saya masih turun ke lapangan.

Di samping garansi, ada juga usaha servis elektronik yang memberikan kelebihan dalam menjaga kesehatan konsumen dan perawatan maksimal produk. Hal ini dilakukan Kurnia Teknik dalam setiap perawatan AC.

“Kami lebih memelihara dan melindungi aset pelanggan. Dalam hal ini, setiap servis berkala yang dilakukan, kami bukan hanya sekedar mencuci atau menyemprot saja, tapi juga menjaga kesehatan konsumen,” ujar Benny.

Biasanya, lanjutnya, tempat lain hanya melakukan pembersihan dengan penyemprotan, sedang kami beda. Pembersihan kami lakukan hingga ke sela-sela yang tidak terjangkau. Bahkan, noda-noda hujan AC outdoor pun akan kami bersihkan. Selain itu, selang pembuangan air AC yang biasanya tidak tersentuh pun akan kami bersihkan menggunakan pembersih dan shampoo. Sehingga bakteri-bakteri yang menempel pun musnah.

Bila ada jasa, pasti ada biaya yang harus dibayar konsumen. Usaha servis produk elektronik, khususnya produk rumah tangga, memiliki kisaran biaya yang berbeda-beda. Meski tidak terpaut jauh, tapi masalah ini masih menjadi pertimbangan utama masyarakat dalam memilih tempat servis produk elektronik.

Sebut saja servis AC atau pendingin ruangan. Ada yang memasang biaya terendah Rp 30 ribu, tapi ada pula yang memasang biaya tertinggi senilai Rp 60 ribu sekali servis atau perawatan. Perbandingan biaya ini tentunya berdasarkan pelayanan dan kualitas jasa yang diberikan.

Misalnya saja Kurnia Teknik, dengan biaya yang ditetapkannya, konsumen akan mendapat pelayanan maksimal, bukan hanya asal dibersihkan. Kemudian, setiap komplain atau kritik konsumen, akan segera ditindaklanjuti untuk menjaga kualitas jasanya.

Bila sekedar perawatan AC, tidak ada tambahan biaya lagi dari besaran angka tersebut, termasuk masalah transportasi. Teknisi perawatan biasanya akan datang langsung ke rumah atau kantor untuk membersihkan AC. Lama perawatan tidak lebih dari 1 jam, sudah termasuk pembersihan unit dalam dan luar.

Komputer
Mungkin selain AC, perawatan atau perbaikan elektronik yang sering dicari masyarakat adalah tempat servis komputer. Perangkat ini tentunya juga sudah populer di masyarakat dan hampir semua lapisan masyarakat memiliki komputer.

Terlebih lagi, sekarang ini banyak toko penjual komputer yang menawarkan skema kredit pada setiap orang yang ingin memiliki komputer. Dengan begitu, populasi komputer akan terus bertumbuh seiring semakin mudahnya cara pembelian.

Sama halnya dengan produk elektronik lain, komputer juga perlu perawatan dan perbaikan. Apalagi sekarang ini banyak komputer yang bukan kategori pabrikan. Komputer jenis ini biasanya memang rentan akan kerusakan.

Masalah di komputer biasanya dibagi menjadi 2 kategori. Antara tentang perangkat keras atau perangkat lunaknya. Setiap usaha perawatan atau perbaikan komputer, sangat menguasai kedua hal tersebut. Hanya dengan melihat kondisi komputer, mereka akan bisa memerkirakan kerusakan yang dialami.

Dalam perawatan komputer, ada juga dikenal pelanggan. Artinya, konsumen yang secara rutin menggunakan jasa perawatan komputer. Hal ini dilakukan Media Komputindo yang sudah memiliki sekitar 80 pelanggan di Puri Indah. “Biasanya, kami melakukan perawatan yang sudah terjadwal berapa kali dalam seminggu atau sebulan,” kata Pemilik Media Komputindo, Julius.

Di samping itu, dalam hal perbaikan dan perawatan komputer juga dikenal “rasa percaya”. Artinya, setiap orang yang pernah melakukan perbaikan pada satu teknisi dan hasilnya memuaskan, pasti akan mencari teknisi tersebut bila ada kerusakan lagi pada komputernya.

Menurut Pemilik Multimedia, Faturahman, hal itu sering terjadi pada dirinya. Sudah banyak pelanggan yang terus mencari saya kalau komputernya rusak. “Mereka sudah percaya,” ujarnya.

Kuncinya, lanjut Faturahman yang akrab dipanggil Fatur, adalah kejujuran. Kalau kita bekerja jujur, hasilnya pasti akan mujur. Karena sekali orang dibohongi, maka mereka tidak akan percaya lagi. Kalau sudah begitu, kita akan kehilangan pelanggan. Mereka hanya sekali datang, dan tidak mau kembali lagi.

Selain datang langsung, setiap orang yang ingin memerbaiki atau merawat komputer bisa pula memanggil teknisi komputer ke rumah. Dengan begitu, konsumen tidak perlu repot membawa komputernya. “Kalau tidak sempat datang ke sini, kami juga bisa datang ke rumah atau kantor bila ada kerusakan komputer. Konnsumen tinggal telepon saja,” kata Julius.

Hal tersebut juga diamini oleh Fatur yang sebagian besar konsumennya meminta untuk datang ke rumah atau kantor. “Saya memang lebih fokus pada servis atau perawatan panggilan, biar konsumen tidak repot. Apalagi biasanya mobilitas mereka cukup tinggi,” jelasnya.

Setiap usaha servis komputer, tidak hanya melayani perawatan atau perbaikan desk computer yang dilengkapi unit monitor dan unit CPU, tapi juga laptop, notebook, atau komputer jinjing segala merek.

Sedangkan biaya yang harus dibayar konsumen dalam perawatan atau perbaikan komputer, sebagian besar teknisi tidak dapat memastikan angkanya. Tergantung kerusakan yang dialami. “Meski kami bisa memerbaiki segala kerusakan komputer, tapi kalau mengenai biayanya, tergantung tingkat kerusakannya. Makanya kita harus cek dulu kondisi komputernya,” ucap Pemilik Milenia Notebook, Anton.

Mengenai biaya, Fatur menambahkan, kami akan memberi harga yang terjangkau. “Terpenting bagi saya adalah memberikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan. Untuk biayanya, itu nomor dua, yang penting konsumen puas,” tukasnya.

Sikap Konsumen
Di balik kebutuhan masyarakat akan tempat servis dan perbaikan produk elektronik, konsumen perlu kritis dalam memilih. Hindari asal pilih tempat servis atau perbaikan. Karena tidak sedikit yang “nakal” atau membohongi konsumen hanya untuk meraup banyak keuntungan.

Lihatlah cara kerja dan sikap teknisinya ketika melayani konsumen. Apakah sudah mencerminkan keprofesional kerja atau malah menjadikan produk elektronik Anda sebagai “barang percobaan”. Kalau memang sudah berpengalaman, ketika ditanya mengenai penyebab kerusakan, pasti akan menjelaskan dengan logis.

Bila memang produk elektronik Anda masih dalam masa garansi, akan lebih baik menggunakannnya. Karena kalau tidak digunakan dan memerbaiki kerusakan di tempat servis umum, maka produsen resminya tidak akan mau lagi memerbaikinya.

Mengenai biayanya, cobalah untuk mencari angka pasarannya melalui teman, tetangga dekat atau bisa juga mencarinya melalui intenet. Karena biasanya, tawar menawar masih berlaku dalam jasa servis atau perbaikan produk elektronik.

Read More ..

Terkesan Kokoh dan Menarik

Aluminium saat ini merupakan bahan alternatif untuk membuat kusen, pintu dan jendela. Di mana pintu berbahan alumunium saat ini sudah memiliki banyak varian warnanya. Mulai warna aslinya sampai warna kayu dengan motif beragam.

Secara kasat mata, sulit membedakan kusen aluminium yang bermotif kayu dengan kusen dari kayu asli kecuali kita mengetoknya atau memegangnya. Menurut Pimpinan Chanaka Alumunium, A Hong, ada beberapa alasan mengapa kita perlu memertimbangkan menggunakan kusen aluminium sebagai bahan alternatif pengganti kayu. Selain persediaannya terjamin, sebagai bahan logam yang merupakan hasil fabrikasi, maka persediaan aluminium lebih terjamin dari pada bahan kayu. Selain itu, aluminium merupakan bahan yang dapat di daur ulang.

Selain itu, jenisnya pun beragam, jenis bahan membuat aluminium dapat dibentuk sesuai keperluan, sehingga dapat dihasilkan produk yang berbeda-beda tergantung dari jenis campurannya.

Di dalam perkembangannya, pintu aluminium juga tidak berkesan “murahan”. Aluminium untuk kusen sudah memiliki ketebalan yang cukup, sekitar 1,25mm - 1,5mm. Sehingga membuat pintu aluminium kokoh dan tidak memberikan kesan seperti pintu kayu.

Di samping itu, Alumunium pun tidak susut, bahkan terbilang stabil. Hal ini disebabkan bahan logam aluminium memiliki ketahanan terhadap cuaca, sehingga tidak mudah berubah. Kemudian, motifnya pun merekat kuat, kecanggihan metode powder coating-nya membuat aluminium bermotif memiliki ketahanan motif yang kuat sehingga tidak mudah terkelupas.

Hal lain yang tidak kalah dengan bahan kayu, bahan alumunium bebas rayap, lapuk, jamur dan lainnya. Sebagai bahan jenis logam, aluminium tidak disukai rayap dan jamur serta tidak akan lapuk karena lembab dan basah.

Bicara soal layanannya, A Hong yang membuka tokonya di Jalan Raya Puri Kembangan menuturkan, tempatnya menyediakan jasa pesan, pasang dan praktis. Contohnya, kusen dan pintu aluminium dijual di pasaran dengan standar, model dan ukuran tertentu, aluminium dapat dipesan dengan sistem rakitan yang praktis sesuai ukuran dan keinginan konsumen

Pintu Kusen Aluminimum Motif Kayu
Ada beberapa macam material atau bahan dasar dalam pembuatan pintu panel yang tahan air (water resistant), salah satu adalah aluminium. Selain tahan terhadap air, aluminium juga merupakan material yang antikorosi (karat). Memiliki dua macam warna dasar utama (coklat dan silver), aluminium dapat dibuat menjadi pintu panel dan kusen dengan sistem rakitan yang praktis.

Misalnya, Chanaka Alumunium menyediakan pintu Aldora dengan berbagai warna termasuk warna dengan motif kayu. Ini juga bisa sebagai pintu garasi, kusen, jendela, pintu, ruang tamu, dan lain-lain. Selain itu, tersedia pula Decoprofile, pintu dan kusen aluminimum bermotif kayu. Produk ini memunyai keunggulan, kuat, tahan terhadap cuaca, dan anti rayap, serta bernilai estetika dan hasil reproduksinya mirip aslinya.

Karena tidak lagi memerlukan finishing, maka harga pintu dan kusen berbahan aluminium pastinya lebih murah dengan biaya perawatan yang “ringan”. Dengan rajin membersihka saja, bahan aluminium akan tetap cemerlang dan tidak pudar.

Harga pintu panel bermotif kayu yang anti karat , harga berkisar Rp 2 - 3 juta. Sedang harga pintu garasi jenis Aldora Rp 2 - 3 juta/daun pintu. Biasanya, untuk 1 garasi menggunakan sekitar 5 - 10 daun pintu. Sedangkan pintu kawat baja dengan frame alumunium 3 cm yang dilengkapi kawat nyamuk baja seharga Rp 1,5 - 2,5 juta.

Simpel dan modern untuk gaya modern, bahan aluminium dikombinasikan dengan kaca akan menghasilkan tampilan yang simpel dan bersih. Sementar bila ingin tampil natural, maka aluminium dengan motif serat kayu dapat menjadi pilihan karena sangat mirip dengan kayu asli.

Read More ..

Pameran di Tengah Lesunya Industri Otomotif

Selain memiliki daya tarik tersendiri, industri otomotif sering disebut sebagai tulang punggung industri lain. Karena kapasitasnya, tidak diragukan lagi, industri ini pun mampu menyerap tenaga kerja yang terbilang tidak sedikit.

Tapi, karena krisis global, industri otomotif pun turut terkena imbasnya. Beberapa perusahaan otomotif dunia mulai melakukan efesiensi di segala bidang, bahkan ada pula yang gulung tingkar karena lesunya daya beli masyarakat dunia. Singkat kata, kondisinya sedang tidak menggembirakan.

Begitu juga dengan dunia otomotif di Indonesia. Namun, di tengah terpaan krisis tersebut, pelaku industri otomotif di Indonesia masih tetap optimis dengan angka penjualan. Buktinya, pameran otomotif terbesar di Indonesia berskala internasional, “The 17th Indonesia International Motor Show 2009” (IIMS 2009), tetap akan digelar tahun ini dengan target penjualan Rp 1,7 trilyun.

“Meski kondisinya masih kurang menggembirakan, kami tetap optimis dengan target di atas. Sebenarnya, target penjualan tersebut sama dengan tahun lalu, tapi tahun 2008 belum ada krisis. Jadi, bisa dibilang targetnya meningkat karena kondisi ekonomi sekarang,” kata Ketua Penyelenggara IIMS 2009 yang juga wakil Ketua Gaikindo, Johnny Darmawan.

Kondisi industri otomotif di Indonesia tidak berbeda dengan di negara Asia lainnya. Indonesia berada di urutan 3 setelah Thailand dan Malaysia untuk skala Asia Tenggara. Meski dilanda krisis, di kedua negara tersebut, industri otomotif tetap terus dikembangkan. Sebut saja Thailand, walau suasana politiknya sedang memanas, pameran otomotifnya tetap berjalan.

Berbeda dengan di Indonesia, meski tetap ada dukungan, tapi industrinya belum sehebat kedua negara tersebut. “Hubungan bilateral Indonesia masih kurang baik dalam industri ini. Selama ini, kita hanya bekerja sama dengan Jepang dan terakhir dengan Australia. Sehingga ekspor kita menjadi terbatas. Kalah dengan Thailand,” ucap Ketua Umum Gaikindo, Bambang Trisulo.

Tak dipungkiri lagi, industri otomotif sangat berpengaruh terhadap kondisi perekonomian nasional. Kaitan pekerjaan dan bisnisnya bukan hanya sebatas pada ATPM saja. Tapi, melebar mulai pembuatan komponen, perakitan, jaringan distribusi, penjualan, dan layanan purna jual. Bahkan, sekarang ini sudah banyak berpengaruh pada industri asuransi dan pembiayaan.

Melihat begitu kompleknya mata rantai industri tersebut, pemerintah pun mampu menyedot pajak yang tidak sedikit dari industri otomotif. Sekarang, industri ini menjadi penyumbang pajak terbesar keempat di Indonesia.

“Upaya industri otomotif untuk tetap melaksanakan IIMS tahun ini harus disikapi dengan positif dan optimis. Sehingga diharapkan dapat mengangkat daya beli dan meningkatkan gairah pasar karena industri ini merupakan penyumbang pajak terbesar nomor empat di Indonesia. Berbagai inovasi teknologi yang diciptakan berbagai merek, karena industri otomotif semakin peduli lingkungan dan menunjukkan sudah adanya komitmen mereka,” kata Johnny Darmawan.

Terlebih lagi, bila industri otomotif di negara ini terus berkembang, bukanlah mustahil akan semakin banyak investor asing yang menanamkan modal. Mereka akan serius mengembangkan usahanya dan membuat tingkat kompetisi dalam industri ini semakin tinggi.

Tetap Optimis
Namun, dengan kondisi seperti disebutkan di atas, pelaku usaha industri otomotif di Indonesia masih tetap optimis. Mereka menganggapnya sebagai tantangan bisnis. Buktinya, dalam ajang “The 17th Indonesia International Motor Show 2009” nanti, masih banyak brand otomotif yang ikut serta. Malah lebih banyak dibanding tahun kemarin. “Tahun lalu ada 18 brand yang ikut serta, sedang tahun ini ada 21 brand,” jelas Johnny.

Dukungan dari 21 merek mobil dan bergabungnya sepeda motor, menjadikan IIMS 2009 lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dalam pameran ini akan tampil antara lain Audi, Daihatsu, Foton, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, Mitsubishi, Nissan Diesel, Proton, Toyota, VW juga Bentley, BMW, Mercedes Benz, Jaguar, Nissan, Suzuki, KIA dan Cherry.

Di samping itu, pengunjung juga dapat menikmati konsep motor show gallery dalam pameran kali ini. Mobil dari berbagai merek ditampilkan dalam sebuah area pameran sehingga lebih memudahkan pengunjung yang ingin melihat dan menikmati mobil-mobil mewah sampai city car. Merek-merek lain seperti Ferrari, Maserati, Lamborghini, Aston Martin, Hummer, Jeep serta unique & exotic cars lainnya juga akan tampil dalam IIMS 2009.

Industri sepeda motor yang turut tampil di ajang IIMS 2009 adalah Honda, Kawasaki, Yamaha, Piaggio dan Harley Davidson. IIMS 2009 di dukung oleh 120 perusahaan industri pendukung otomotif serta lebih dari 80 media lokal dan nasional.

Sementara itu, Bambang Trisulo mengatakan, dukungan solid dari pelaku industri otomotif untuk terus mendukung industri ini dengan berbagai inovasi teknologi yang peduli lingkungan membawa efek positif bagi negara kita. Banyak yang memanfaatkan bahan-bahan ramah lingkungan dan meningkatkan pemakaian kandungan lokal, baik itu untuk passenger cars, commercial vehicles juga kendaraan roda dua. Dengan begitu, akan lebih mampu menyerap tenaga kerja serta dorongan untuk berkembangnya industri pendukung sehingga mampu meretas berbagai rintangan, termasuk krisis ekonomi global yang terjadi saat ini.

Pindah Ke Kemayoran
Tingginya animo masyarakat dan terbatasnya kapasitas, membuat IIMS 2009 yang rencananya digelar 24 Juli – 2 Agustus 2009 ini, berpindah tempat. Bila beberapa tahun lalu selalu berlokasi di Jakarta Hilton Convention Center (JHCC), Senayan, kini berpindah ke Jakarta International Expo, Kemayoran.

Mengenai pemindahan lokasi ini, kata Bambang Trisulo, sudah dipikirkan beberapa tahun lalu. Meski selama ini di JHCC hasilnya cukup baik, tapi kami kurang bisa melakukan pengembangan. Selain itu, sarana parkir JHCC pun terbatas. Di Parkir Timur Senayan hanya bisa menampung sekitar 2400 mobil, sedangkan di Kemayoran kapasitasnya kurang lebih 8000 mobil.

“Belum lagi masalah keluhan pengunjung yang sulit mencari tempat makan dan ongkos tambahan parkir,” lanjutnya.

Dengan berpindahnya lokasi IIMS 2009, ada kendala tersendiri buat pengunjung. Apalagi lokasinya kurang strategis dan jauh dari pusat kota. “Kalau dibilang Kemayoran lokasinya terlalu jauh dan terkesan kumuh, kami sudah menyiapkan beberapa fasilitas untuk memudahkan masyarakat datang ke sana,” ungkap Bambang.

Salah satu fasilitas yang disediakan pameran bertema “Drive For a Better Life” ini adalah shuttle bus. Bis gratis ini bertempat di Pondok Indah Mall, Plaza Senayan, dan fx Lifestyle X’center. Jam pemberangkatan setiap 1 jam sekali.

Di samping itu, setiap pengunjung yang datang pun akan dijamin asuransi jiwa dan kendaraan. Dengan tiket masuk seharga Rp 20.000 – 30.000, pengunjung akan langsung mendapat asuransi jiwa maksimal Rp 200 – 300 juta, bila terjadi apa-apa di dalam lokasi pameran.

“Dengan asuransi tersebut, akan ada rasa aman di hati pengunjung. Kalau mobilnya terserempet atau dirusak orang, akan ditanggung asuransi dan dikondisikan seperti semula,” kata Bambang.

Selain pameran industri otomotif, IIMS 2009 memiliki beberapa program pendukung lainnya seperti, Motor Show Concert 2009, Achilles Drift Show & Battle, Wimcycle BMX JAM, Car Audio Show, Unique & Exotic Cars, Classic Car Show, Community Club Gathering, dan Truckhead Pulling.

Read More ..

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP