Resto Khas Jawa Tengah

Restoran berkelas yang menyajikan menu khas Indonesia makin menjamur. Menikmati sayur asem di restoran ber-AC sambil ditemani alunan musik merupakan hal yang lumrah saat ini.

Tengok saja saat jam makan siang atau malam, restoran-restoran tradisional berkelas yang menjamur seperti Pitik Ijo, belakangan ini banyak dipadati pengunjung. Walaupun terbilang baru, pemandangan saat jam makan siang di restoran Pitik Ijo yang berlokasi di Jalan Pesangrahan Jakarta Barat ini sudah ramai pengunjung.

Setiap ada pengunjung datang, semua pelayan yang ada di rumah makan khas Jawa Tengah itu akan meneriakkan, “Pitik Ijo Jus Mango, Yuk Monggo,” yang berarti mempersilahkan tamu untuk masuk.

Begitu masuk ke restoran itu, atmosfer daerah Jawa Tengah langsung menyergap. Keramahan para pelayan berseragam batik pun menemani pengunjung bersantap di ruangan ber-AC yang didominasi kayu berwarna cokelat tua itu.

Bahkan, di salah satu dinding pun terpampang caping-caping yang menggambarkan aktivitas masyarakat pertanian Jawa Tengah. Selain itu, resto ini pun dilengkapi dengan tempat makan lesehan yang terdapat kentongan di atasnya.

Resto dengan kapasitas sekitar 100 orang yang dilengkapi dengan tempat makan lesehan ini menyediakan ragam menu seperti, Pitik Goreng, Pitik Ijo, Bebek Goreng, Bebek Bakar, Pitik Bakar, Nasi Goreng Cabe Ijo, Nasi Goreng Ruwet, Asem-asem Iga Sapi, Bandeng Goreng Tanpa Duri, Bandeng Bakar Tanpa Duri, Bawal Bakar, Bawal Goreng, Tahu Kremes dan lainnya. Dilengkapi pula dengan aneka minuman seperti, Es Dawet, Es Campur, Es Degan ala Jawa dan lainnya.

Menurut Pemilik Pitik Ijo, Melia, sebenarnya Pitik Ijo lebih dulu berdiri di BSD Serpong satu tahun lalu. Melihat perkembangan di sana yang cukup baik, kami coba membuka cabang baru di lokasi ini. “Dengan adanya Pitik Ijo, Anda yang kangen dengan masakan khas Jawa Tengah tidak perlu jauh-jauh pergi ke sana,” tukasnya.

Selain itu, Pitik Ijo pun menyediakan ragam paket seharga Rp 18 ribu yang di antaranya, Paket Ijo yang terdiri dari ayam goreng, sayur asem, nasi putih dan lalapan. Selain itu, ada pula Paket Top yang terdiri dari soto ayam, tempe, tahu dan nasi putih. Untuk Paket Sip terdiri dari empal goreng, sayur asem, nasi putih dan lalapan.

Sedangkan Paket Jos terdiri dari sop buntut, perkedel, nasi putih dan lalapan dengan harga Rp 26 ribu. Serta Paket Nyoss yang terdiri dari asem-asem iga sapi, tempe tahu dan nasi putih dengan harga Rp 23 ribu.

Selain bisa dinikmati di tempat, Pitik Ijo juga menyediakan layanan antar dengan minimum order Rp 50 ribu. Tempat ini sangat cocok jika digunakan untuk pesta pernikahan, arisan, ulang tahun dan lainnnya. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke resto ini, Pitik Ijo buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00.

Aneka Menu Andalan
Suasana nyaman dan kerinduan kuliner daerah, boleh dibilang menjadi pendorong konsumen, terutama kelas menengah, untuk berbondong-bondong datang ke restoran khas Indonesia. Hal tersebut juga ditambah dengan menu tradisional yang membuat mereka rindu dengan kampung halamannya.

Menu andalan di resto ini, menurut Melia, semua menu yang tersedia merupakan menu andalan kami. Namun, menu yang menjadi favorit pelanggan di antaranya, Pitik Ijo, Bebek Goreng, Nasi Goreng Ruwet Semarang, Nasi Goreng Cabe Ijo, dan Asem-Asem Iga Sapi.

Menu-menu tersebut mempunyai kelebihan masing-masing. Sebut saja Pitik Ijo, menu ini terbuat dari ayam yang sudah diberi bumbu dan kemudian digoreng. Setelah matang dan masih dalam keadaan panas, ayam ini di-penyeti oleh sambel ijo dan ditaburi semacam kremes di atasnya.

Selain itu, ada pula Nasi Goreng Ruwet Semarang. Menu ini terdiri dari nasi putih yang digoreng menggunakan sambel ijo dicampur dengan ikan asin. Nasi goreng ini mempunyai cita rasa yang gurih dan terbilang sangat pedas. Jika Anda penggemar makanan pedas, menu yang satu ini bisa menjadi pilihan.

Menu andalan lainnya adalah asem-asem iga sapi. Asem-asem yang kuahnya berwarna coklat dengan rasa asem manis ini benar-benar gurih dan lezat. Rasanya jelas berbeda dengan yang ada di resto lain. “Biasanya, asem-asem hanya terdapat daging ayam atau daging sapi saja. Di sini, kami menggunakan iga sapi. Inilah yang membuat kami beda dengan yang lain,” ujar Melia.

Selain makanan, Pitik Ijo pun mempunyai beberapa minuman andalan khas Jawa Tengah. Salah satunya adalah es dawet special yang terbuat dari dawet Semarang dengan bentuk yang lebih panjang dan lebih kenyal. Dalam 1 mangkuk es dawet special ini, terdapat buah nangka, durian dan lainnya. Minuman lain yang tidak kalah nikmatnya adalah es degan Ala Jawa. Minuman yang merupakan es kelapa muda ini dilengkapi dengan gula merah sehingga rasanya lebih segar.

Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP