Siasati Ongkos Kirim

Tanya :
Pak Rusman, sekarang ini saya sedang menjalani usaha penjualan produk melalui internet. Setiap orang yang ingin membeli produk saya, bisa langsung menghubungi via telepon atau email. Tapi, saya sedang bingung dengan biaya antar barang.

Banyak pengusaha lain yang tidak memungut biaya antar barang, tapi ada juga yang memungut biaya dalam jarak tertentu. Skenario bisnisnya berbeda-beda. Bagaimana menurut pak Rusman sendiri? Adakah alternatif lain? Perhitungan bisnisnya bagaimana?

Kemudian bagaimana dengan cara mengantarnya? Apakah lebih baik melalui jasa antar atau membayar orang untuk mengantarkan barang? Akankah lebih baik kalau saya menginvestasikan motor untuk antar barang? Terima kasih,

Abdul Syukur
Kembangan Utara


Jawab :
Apa yang Bapak tanyakan itu seluruhnya terkait dengan masalah biaya operasional. Bagaimana pun juga harus dihitung agar tidak menimbulkan kerugian pada usaha Anda secara keseluruhan.

Teoritis, sebenarnya masalah ini cukup mudah diatasi. Misalnya, Anda bisa saja tidak mengenakan biaya antar barang kepada pelanggan, dengan catatan Anda telah memasukkan komponen biaya tersebut ke dalam harga barangnya sendiri.

Atau, Anda hanya membebaskan biaya antar untuk jarak-jarak tertentu saja. Sedangkan untuk jarak yang lebih jauh, di luar kota atau di luar pulau, baru Anda kenakan ongkos kirim. Sekali lagi Anda harus menghitungnya secara cermat. Ingat bahwa, pada kenyataannya biaya pengiriman barang pasti selalu ada. Bedanya, biaya tersebut bisa tidak nampak karena telah digabungkan ke dalam harga barang, atau terlihat jelas berdiri terpisah sebagai komponen biaya tambahan.

Kalau Anda bertanya, lebih baik mana antara menggunakan jasa pihak ketiga dalam pengiriman barang dibanding dengan membeli motor sendiri, maka hal itu harus dilihat menurut kebutuhan yang ada.

Pertama, Anda lihat dulu komposisi jumlah pelanggan Anda, apakah lebih banyak di dalam kota yang berarti lebih banyak yang berjarak dekat, ataukah justru menonjol yang berada di luar kota atau malah di luar pulau. Bahkan luar negeri, mungkin?

Kalau jumlahnya lebih dominan di dalam kota (jarak dekat), maka saya setuju kalau Anda berinvestasi membeli motor. Penggunaan sepeda motor di dalam kota akan jauh lebih ekonomis daripada menggunakan jasa antar barang dari pihak ketiga. Hanya saja, Anda harus ingat bahwa yang namanya investasi dalam bentuk perangkat, pasti memiliki nilai penyusutan (depresiasi) yang harus dihitung setiap tahunnya. Katakanlah, untuk sepeda motor nilai penyusutannya mencapai 20%, maka berarti sepeda motor tersebut akan habis nilainya dalam waktu 5 tahun ke depan.

Investasi juga jangan sampai lupa dihitung dalam proyeksi keuangan usaha, sehingga Anda tidak akan keliru memperkirakan masa balik modal (BEP=Break Even Point), terutama dalam pertanggungjawaban kepada pemilik modal nanti.

Dalam hal pelanggan lebih banyak yang berada di lokasi jauh, mungkin Anda tidak perlu menyediakan transportasi sepeda motor sendiri. Pengiriman barang jarak dekat yang hanya sekali-sekali, bisa dilakukan menyesuaikan dengan situasi yang ada. Bisa dengan diantar oleh karyawan yang memiliki motor pribadi, atau Anda antar sendiri ketika kebetulan ada waktu dan kesempatan yang mendukung, atau bisa juga dengan dibawa menggunakan angkutan umum saja.

Untuk pengiriman ke lokasi jauh, mau tidak mau Anda harus menggunakan jasa ekspedisi. Carilah perusahaan ekspedisi yang terpercaya, yang di satu pihak biayanya terjangkau, di lain pihak pelayanannya memuaskan terutama dalam hal kecepatan dan keamanan barang.

Untuk yang seperti ini, pastikan bahwa biaya pengiriman sepenuhnya ditanggung pihak konsumen. Kalau perlu bersikaplah terbuka, serahkan pada konsumen soal pengiriman barang ini mereka ingin menggunakan perusahaan ekspedisi yang mana, beritahu rate harga pengirimannya secara terbuka (jangan dimark-up), dengan jenis layanan yang bagaimana (biasa, ekspres, one day service dan lain-lain) lalu lakukan proses sebaik-baiknya oleh perusahaan Anda sebagai layanan ekstra.

Demikian Pak Abdul Syukur, semoga penjelasan ini dapat membantu memperluas cakrawala Anda dalam penanganan masalah pengiriman barang ke pelanggan Anda. Selamat bekerja, sukses selalu. (Rusman Hakim)

Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP