Menyebarkan Informasi Tentang Pajak

Banyak orang tak memahami pajak dengan baik. Padahal, pajak memberi konstribusi yang besar bagi pendanaan jalannya negara. Sebagai konsultan pajak, pria ini merasa terpanggil untuk menyebarluaskan informasi tentang pajak dan peraturannya kepada masyarakat luas.

Sosok kita kali ini, Benny Wibowo berprofesi sebagai konsultan pajak. Pria yang tinggal di Villa Melati Mas, Serpong ini mulai serius menggarap pajak sebagai profesi sejak tahun 2005 dengan membuka kantor konsultan pajak, yang juga berlokasi di kawasan yang sama dimana ia tinggal.

Sebelum membuka kantor pajak, Benny mengisahkan jika ia dulu pernah bekerja di beberapa perusahaan, pada posisi di bagian keuangan dan pajak. “Karena terbiasa dengan pajak akhirnya saya putuskan untuk membuka kantor pajak sendiri,” katanya.

Menurut Benny yang lahir di Pekalongan, Jawa Tengah pada Oktober, 1967 ini banyak hal yang menarik dari profesinya sebagai seorang konsultan pajak. Yang utama, katanya, adalah menginformasikan pajak dengan benar kepada masyarakat. “Banyak orang yang tak tahu pajak. Di sinilah peran penting konsultan pajak, yakni memberikan informasi yang akurat seputar pajak,” imbuhnya.

Lebih jauh pria lulusan STIE YKPN, Yogyakarta ini menambahkan, bidang pajak, terutama regulasinya senantiasa berubah. Dan menurutnya juga, itu adalah tantangan bagi konsultan pajak untuk terus meng-up date wawasannya.

“Jelas seorang konsultan harus mampu meningkatkan pengetahuannya. Ini penting karena menjadi pertanggungjawabannya kepada kliennya,” tukas bapak 3 anak ini.

Sebagai pribadi, Benny terlihat sebagai sosok yang ramah. Pembawannya sederhan, tapi tetap serius kala bekerja. Pria mengaku hobi membaca dan berolahraga ini, sekarang dibantu 12 karyawan dalam mengelola kantor konsultan pajaknya.

Berprofesi sebagai konsultan pajak, bukan tak ada kendala. Menurut Benny, salah satu kendala terbesar bagi konsultan pajak adalah banyaknya peraturan pajak yang multi tafsir. “Ada beberapa aturan yang ditetapkan beberapa tahun lalu masih dipakai sampai sekarang. Dan terkadang, kondisinya sudah berbeda. Jadi butuh penjelasan yang konkrit untuk aturan tersebut,” ucapnya.

Mengenai harapan ke depan, Benny menuturkan jika ia ingin membuka kantor cabang. “Paling tidak lima tahun lagi saya bisa membuka kantor cabang konsultan pajak di Jakarta,” tuturnya.

Selain disibukan dengan rutinitasnya sebagai konsultan pajak, Benny juga aktif berorganisasi, terutama organisasi yang berkaitan dengan profesinya. Untuk saat ini, Benny tercatat sebagai salah seorang pengurus Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Tangerang.

Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP