Meliana Goenawan

Jalankan Lima Usaha Sekaligus

Menjalankan beberapa usaha sekaligus, tentu sangat memakan waktu, tenaga, dan pemikiran yang tidak sedikit. Butuh konsentrasi yang tinggi plus keahlian lebih, agar semuanya bisa berjalan dengan baik. Pun begitu, keuletan dan keyakinan mampu mengelola menjadi kunci keberhasilan yang utama.

Wanita yang satu ini punya 5 usaha yang sedang berjalan bersamaan, dan semuanya ia kelola sendiri. Luar biasa, begitu sekiranya menggambarkan Meliana Goenawan dengan kata-kata.

Meliana Goenawan atau yang akrab disapa Meli ini lahir di Surabaya, Jawa Timur, tahun 1972. Saat ini, Meli yang tercatat sebagai warga Melati Mas, Serpong sibuk mengelola VMM Rent Car, Little Star Preschool, Mandiri Property, Star Math Club, dan sebuah gerai kuliner. Sebagian besar usaha Meli, berlokasi di Melati Mas, Serpong.

“Saya mulai merintis usaha dari sebuah bimbel, sekitar 9 tahun lalu. Kebetulan saya suka pendidikan dan anak-anak, jadi usaha yang saya geluti, saya awali dari sesuatu yang saya sukai dan kuasai,” kata Meli yang mendapat gelar Sarjana Matematika dari Universitas Trisakti, Jakarta.

Dari bimbel, Meli menyalurkan naluri entrepreneur-nya ke bidang rental mobil dengan mendirikan VMM Rent Car. Hingga kini, VMM Rent Car kepunyaan Meli ini sudah cukup dikenal warga Serpong. Dan dalam VMM Rent Car sendiri sudah ada 25 unit mobil yang siap melayani konsumennya. “Saat ini, dalam mengelola usaha rental mobil, saya lebih banyak dibantu suami,” ujarnya.

Tahun 2005 lalu, istri dari lelaki bernama Suhendri ini kembali menapaki industri pendidikan. Kali ini, ia mendirikan sebuah preschool yang bernama Little Star.

“Dunia pendidikan adalah sesuatu hal yang paling saya sukai. Bukan berarti mengecilkan yang lain, tapi untuk usaha di bidang pendidikan saya punya obsesi yang lebih besar,” tegas Meli menambahkan.

Dalam kurun waktu 1 tahun terakhir ini, Meli sudah merintis tiga usaha baru, yakni Mandiri Property, Star Math Club, dan sebuah gerai kuliner. Dan dalam kesehariannya, Meli sibuk mengontrol kelima usahanya itu. “Semua usaha yang saya kelola, saya anggap penting seluruhnya. Karena itu, setiap hari saya selalu datang ke tiap-tiap usaha,” pungkas Meli lagi.

Untuk mengontrol usaha-usahanya itu, Meli memang sengaja mendirikan usaha yang lokasinya tidak berjauhan. Alasannya, kata Meli, untuk mempermudah mobilitasnya. “Kebetulan semua usaha yang saya kelola lokasinya berdekatan. Jadi, untuk membagi waktunya tidak terlalu repot,” kata wanita yang gemar traveling dan baca buku ini.

Disingung mengenai komitmennya dalam merintis usaha, Meli menjawab jika setiap usaha yang akan ia dirikan, dasar-dasarnya harus ia kuasai. Ia tidak ingin asal punya usaha. Menurutnya, yang terpenting adalah tahu bagaimana menjalankan usaha itu.

“Sebelum memutuskan mendirikan usaha, saya wajib menguasai bidang usaha yang akan saya geluti itu. Saya tidak ingin usaha yang saya rintis nantinya sia-sia karena saya tidak menguasai dan mengelolanya dengan baik,” papar Meli yang juga memiliki gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Tarumanegara, Jakarta menambahkan.

Punya banyak usaha, sudah pasti punya banyak karyawan. Dan untuk orang-orang yang bekerja kepadanya, Meli justru menganggapnya sebagai rekan kerja. Sistem kerja yang akrab, penuh nuansa kekeluargaan selalu ia terapkan di setiap usahanya.

Sementara itu, mengenai harapannya, Meli menyebutkan, dalam waktu dekat ini ia ingin mendirikan sebuah sekolah untuk jenjang SD dan SMP. “Mendirikan sekolah adalah cita-cita saya,” kata Meli menutup perbincangan.

Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP