IIMS 2009

Antara Krisis Global dan Lingkungan Hidup

Di saat beberapa negara ASEAN menunda pameran otomotif berkelas internasional, Indonesia justru tetap menggelar Indonesia International Motor Show (IIMS) pada tahun 2009 ini. Malah menempati area yang lebih luas dari sebelumnya.

Tercatat 21 merek mobil, 7 merek sepeda motor, dan 124 industri pendukung otomotif ikut serta dalam pameran yang digelar di Jakarta International Expo – Kemayoran ini. Pemeritah sendiri sangat mendukung pelaksanaan IIMS karena dapat mempromosikan perkembangan dan kemajuan industri otomotif di tanah air. Otomotif merupakan salah satu industri yang diprioritaskan oleh pemerintah.

Indonesia International Motor Show diresmikan Menteri Keuangan sekaligus Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Perekonomian, DR. Sri Mulyani Indrawati beberapa waktu lalu. Dalam kata sambutannya, Sri Mulayani mengatakan bahwa IIMS dapat dijadikan rujukan sebagai pameran berskala internasional yang diselenggarakan Indonesia. Oleh karena itu, para pelaku bisnis otomotif bisa memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan investasi.

Sementara itu, Ketua Umum Gaikindo, Bambang Trisulo, mengingatkan kembali mengenai tema yang diusung “Drive for a Better Life”, sebagai tekad industri otomotif nasional dalam meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Penjabaran dari tema tersebut, bisa dilihat pada tingkat proses dan produksi. Industri otomotif menghadapi tuntutan untuk menciptakan inovasi teknologi yang memanfaatkan bahan-bahan ramah lingkungan, peningkatan pemakaian kandungan lokal, dan penyerapan tenaga kerja.

Sedangkan pada tingkat nilai guna, hasil industri otomotif harus mampu meningkatkan kualitas kehidupan yang lebih baik bagi pengguna dan lingkungannya. “Kendaraan berkualitas tidak hanya dari segi desain yang memenuhi unsur estetika tinggi. Namun, juga kenyamanan, safety, mobilitas, dan teknologi yang user friendly,” jelasnya.

Bambang Trisulo juga menambahkan bahwa krisis global yang masih terasa dampaknya di sektor industri otomotif, tidak menyurutkan langkah para pelaku di industri ini. Justru melalui ajang ini, pelaku industri membuktikan eksistensi dan sikap positif mereka di tahun ini.

Industri otomotif diharapkan mampu mengajak semua kalangan untuk peduli terhadap lingkungan hidup. Termasuk memerhatikan dampak dan isu lingkungan yang terkait dengan proses, produk, maupun pemanfaatan teknologi otomotif sehingga akan tercapai kehidupan yang lebih baik. Perkembangan teknologi otomotif juga terus didorong ke arah teknologi berwawasan lingkungan hidup sehingga tercipta kehidupan yang semakin sehat, aman, dan nyaman.

Indonesia International Motor Show 2009 yang berlangsung dari 24 Juli – 2 Agustus 2009 lalu, memulai babak baru dalam hal lokasi. Untuk pertama kalinya, IIMS diadakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, dengan total luas lahan 100.000m2 meliputi, 36.000m2 area indoor dan 64.000m2 outdoor.

Ketua Pelaksana IIMS 2009, Johnny Darmawan, menyampaikan bahwa beberapa negara ASEAN menunda pelaksanaan pameran internasional sejenis. Sedangkan di Indonesia, berkat dukungan solid dari 158 merek yang terlibat, IIMS bisa tetap terlaksana tahun ini. “Dengan segala inovasi yang dilakukan, perhelatan ini diharapkan dapat mencapai target pengunjung 250 ribu orang dan total transaksi Rp 1,7 trilyun,” ungkapnya.

Penghargaan di IIMS 2009
Pada acara pembukaan IIMS, Sri Mulyani Indrawati memberikan penghargaan Kota Langit Biru Terbaik 2008 kepada Walikotamadya Jakarta Barat, Jakarta Utara, Tangerang, Bandung, dan Yogyakarta. Peghargaan kepada kota-kota ini diberikan atas keberhasilan dalam menurunkan pencemaran udara dari sektor transportasi melalu promosi dan penerapan kebijakan transportasi berkelanjutan di daerah perkotaan. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mendorong pemerinta kota dalam menerapkan kebijakan transportasi berkelanjutan.

Sedangkan Menteri Perindustrian Fahmi Idris dan beberapa pejabat Gaikindo memberikan penghargaan pada beberapa perusahaan atas prestasi yang telah diraih dalam industri otomotif. Di antaranya :
- Investasi Terbesar 2007 – 2008 : PT. Astra Daihatsu Motor
- CSR Terbaik 2007 – 2008 : PT Honda Prospect Motor
- Jumlah negara tujuan ekspor terbanyak 2007 – 2008 : PT Indomobil Niaga International
- Pansa Pasar Penjualan Terbesar 2007 – 2008 : PT Toyota Astra Motor
- Pangsa Pasar Terbesar untuk KBM Jenis Truck Terbesar 2007 – 2008 : PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors


Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP