Menjelaskan Seks Pada Anak

Risih juga memang kalau menjelaskan masalah seks sama anak kita. Soalnya, mereka dianggap masih kecil dan takut menirukan apa yang kita perbuat. Maklum saja, rasa ingin tahu anak yang tinggi mendorongnya memertanyakan segala hal yang dilihatnya.

Ada beberapa tips yang bisa dijadikan alasan ketika anak menayakan perihal seks. Intinya, kita harus tetap memberikan informasi agar anak mengerti dan bersikap tenang dalam menghadapinya.
Berikut tips seperti dikutip dari untukku.com tentang bagaimana menyampaikan rasa ingin tahu anak Anda mengenai seks:

* Bagaimana menjelaskan seks pada anak-anak?
Berikan jawaban yang jujur dan jangan malu-malu. Berikan informasi yang diperlukan oleh anak saat itu. Misalnya anak berusia 3 tahun ingin tahu dari mana bayi berasal. Tidak perlu Anda jelaskan secara rinci tentang reproduksi. Cukup katakan, bayi tumbuh di suatu tempat khusus di dalam tubuh ibunya.

* Apa yang harus Anda katakan saat anak melihat Anda sedang berhubungan intim?
Cobalah bersikap tenang, jangan berlebihan. Bawa kembali si kecil ke kamar tidurnya. Jelaskan Anda berdua tidak sedang bertengkar, karena jika tidak diberitahu akan membuat kesalahpahaman pada si kecil. Katakan Anda sedang bermain dan menunjukkan kasih sayang satu sama lain.

* Usia berapa anak harus diberikan pendidikan tentang seksual?
Jangan terlalu terpatok waktu. Anak-anak belajar tentang seks sepanjang waktu dan melalui jawaban terhadap pertanyaan individual. Hindari merencanakan untuk memberitahu hal-hal tentang seksual karena tidak realistik.

* Apa yang harus dilakukan jika menemukan anak Anda sedang bermain dokter-dokteran dan saling memperlihatkan genitalnya dengan temannya?
Tetap tenang dan katakan kepada mereka bahwa “bagian pribadi” adalah hanya miliknya pribadi, dan mereka tidak boleh mengizinkan orang lain menyentuh bagian tersebut.

Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP