Coret Hitam Arsitektur Tionghoa di Jakarta


Budaya Tionghoa adalah budaya yang tak pernah putus selama 5000 tahun dibanding budaya unggul lainnya di dunia. Dari ranah kuliner sampai arsitektur properti, ditinggalkan nenek moyang bangsa tersebut sampai sekarang.

Namun di tengah akulturasi budaya itu, ada budaya Tionghoa yang dipinggirkan. Bila mie dan bakpao masih sering dinikmati, lain halnya dengan arsitektur properti. Meski sarat akan sejarah, kini peninggalan arsitektur Tionghoa banyak yang tak terurus, bahkan lenyap ditelan bumi.

Chandra Naya atau dulu disebut Gedung Sin Ming Hui, misalnya. Kini bangunan yang terletak di Jalan Gajah Mada No 188 tersebut sudah tidak seperti aslinya. Hanya tinggal bangunan utama. Itu pun sudah terhimpit gedung bertingkat, terjepit oleh jaman dan peradaban masyarakat modern.

Sama halnya dengan makam Souw Beng Kong, tempat peristirahat terakhir kapitan pertama Tionghoa tersebut pun benar-benar tersingkirkan. Sebelum dipugar, keberadaan makam yang berlokasi di Gang Taruna, Jalan Pangeran Jayakarta ini terhimpit rumah-rumah kumuh dan terlihat berantakan. Bahkan sudah berada sekitar 80cm di bawah permukaan tanah. Seakan makam tersebut tak ada artinya, padahal sejarah berkata lain.

Begitu juga dengan beberapa bangunan peninggalan berarsitektur Tionghoa lainnya yang berlokasi di Pasar Pagi, Mangga Dua, dan Senen. Di sana, banyak bangunan yang dirobohkan untuk pembangunan jalan tol, pertokoan, dan pusat perbelanjaan.

Kehancuran arsitektur Tionghoa, terutama di Jakarta, tidak terlepas dari masyarakatnya sendiri (termasuk mereka yang disebut dengan “Tionghoa peranakan”). Coba pikir, siapa para pemilik toko, pedagang, dan pemilik gedung yang ada di daerah Glodok, Mangga Dua, dan Pasar Pagi? Kebanyakan adalah mereka yang disebut dengan Tionghoa peranakan yang notabenenya adalah keturunan orang Tionghoa di masa lampau.
Karena kesempatan bisnis dan kepentingan finansial, mereka tidak peduli dengan faktor sejarah. Apalagi daerah tersebut memiliki potensi bisnis yang sangat besar di Jakarta. Sebut saja seperti Glodok yang memiliki perputaran uang milyaran rupiah per harinya.

Padahal orang-orang Tionghoa dikenal sangat menghormati leluhurnya. Mereka memiliki tradisi Ceng Beng yang tidak lain mengajarkan setiap individu untuk menghormati leluhur dan orang tua dengan mengunjungi kuburannya. Filosofinya, kita ada karena mereka, makanya kita tidak boleh melupakan jasa-jasa mereka.

Bangunan-bangunan tua khas Tionghoa yang terlihat usang, tapi memiliki nilai sejarah, banyak yang dirobohkan. Diganti dengan bangunan baru bergaya minimalis modern yang terlihat lebih sejalan dengan kepentingan bisnis. Mereka berlomba mengais rejeki di tempat yang seharusnya menjadi cagar budaya.

Arsitektur properti menurut Ark Djauhari Sumintardja, seorang pemerhati arsitektur Tionghoa, adalah wujud budaya yang mudah dikenal dan menjadi citra dan jati diri suatu lingkungan atau kota. Artinya, properti menjadi identitas masyarakat sekitar, bahkan sebuah kota seperti Jakarta.

Kalau sekarang banyak properti Tionghoa di daerah Mangga Dua, Glodok, dan Pasar Baru dirobohkan, berarti hilang pula identitas masyarakat sekitar. Padahal, dari dulu sampai sekarang, banyak masyarakat Tionghoa yang mendiami wilayah tersebut.

Oto Amnesia
Bukan hanya masyarakat, tapi kenyataan tesebut juga tidak terlepas dari pengaruh pemerintah yang berkuasa. Glodok, Pasar Pagi dan Mangga Dua, bukan daerah yang baru muncul kemarin sore. Ingat, pada masa orde baru, budaya Tionghoa tidak sebebas seperti sekarang ini. Baru pada pemerintahan Gus Dur, Barongsai dan perayaan Tahun Baru China tidak dikebiri.

Artinya, pada masa orde baru, budaya, termasuk peninggalan arsitektur Tionghoa, mungkin mengalami “pembersihan”. Tidak bisa dilindungi karena bertentangan dengan kebijakan penguasa. Siapa pun tidak bisa melindungi benda cagar budaya kalau pemerintah negaranya tidak sejalan.

Lain halnya dengan sekarang. Budaya Tionghoa mulai dilestarikan seperti budaya Indonesia lainnya. Sebut saja seperti Imlek atau Cap Go Meh, budaya ini malah banyak yang dikomersilkan. Berbagai sekolah, kelompok masyarakat, bahkan pusat perbelanjaan pun rutin memeringatinya tiap tahun. Begitu juga dengan bahasa Mandarin, banyak sekolah dan lembaga kursus yang menyediakan kelas khusus untuk memelajari bahasa tersebut.

Bila kebijakan sudah berubah, sekarang faktor finansial menjadi masalah. Meski banyak para pemerhati sejarah dan arsitektur menuangkan pikirannya mencari jalan bagaimana melestarikan arsitektur Tionghoa, tapi alokasi biaya pemeliharaan dari pemerintah terbilang masih minim. Sedangkan bangunan-bangunan tersebut tidak sedikit meminta dana pemeliharaan.

Dilematis memang, tapi itu adalah kenyataan. Kalau dulu pemerintahnya tidak mendukung eksistensi budaya Tionghoa, sekarang uang yang menjadi masalah. Pemda Jakarta sendiri masih belum sepenuh hati melindungi arsitektur Tionghoa kuno yang merupakan warisan dari Abad 17 dan 18 ini. “Belum ada perlindungan yang memadai,” kata Djauhari.

Dari sekian banyak peninggalan bersejarah arsitektur properti Tionghoa di Jakarta. Kalau masyarakat mau, masih ada beberapa yang bisa diselamatkan di daerah Glodok. Semuanya tergantung masyarakat, mau dibawa ke mana peninggalan budaya bersejarah tersebut? Melindunginya dan membiarkan menjadi ekspresi identitas masyarakat Tionghoa atau meluluhlantahkannya dan membiarkan kita menderita oto amnesia, lupa diri atas sejarah kita sendiri.

Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP