Blogger Asing : Bermasalah dengan Jarkon


Blogger asing diundang untuk menghadiri Pesta Blogger 2008. Mark Tafoya (Amerika Serikat), Anthony Bianco (Australia), Jeff Ooi (Malaysia), Mike Aquino (Filipina), dan Mr Brown (Singapura), diajak mengunjungi Jakarta, Bali, dan Yogyakarta dari 17 – 21 November 2008.


Dalam blogging trip tersebut, kelimanya ditunjukkan obyek-obyek wisata Indonesia. Dengan begitu, melalui blog yang mereka miliki, blogger-blogger asing tersebut dapat lebih mempopulerkan Indonesia di mata dunia. Makanya, tidak heran bila Departemen Kebudayaan dan Pariwisata mau membiayai perjalanan mereka.

Selain cerita-cerita perjalanan dan pengalaman wisata, mereka juga berinteraksi langsung dengan blogger Indonesia. Salah satu hal yang dibicarakan adalah mengenai jaringan dan koneksi (Jarkon) internet di Indonesia.

“Masyarakat Indonesia sudah punya spirit, tapi tools-nya (jaringan dan koneksi) yang masih belum bagus,” kata Mr Brown yang gemar bersepeda ini.

Dari 3 kota yang dikunjunginya, meski menginap di hotel berbintang lima, Mr Brown selalu memiliki masalah dengan koneksi dan jaringan internet. Tapi, meski begitu, dia masih terkesan dengan fasilitas hotspot yang sudah tersedia di kawasan Kota Tua.

Lain halnya dengan Jeff Ooi yang berkomentar tentang blogger Indonesia. Salah satu anggota parlemen di Malaysia ini mengatakan bahwa blogger Indonesia masih muda-muda dan dinamis. Dia juga terkesan dengan Pesta Blogger 2008 yang didukung oleh 3 mentri (Departemen Komunikasi dan Informatika, Kementrian Negara Riset dan Teknologi, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata), berbeda dengan Malaysia.

Blogger-blogger asing tersebut datang dari berbagai profesi. Seperti Mark Tafoya yang lebih banyak berkecimpung sebagai juru masak, Jeff Ooi yang bekerja sebagai anggota parlemen Malaysia, Mr Brown yang aktif sebagai penulis, Antony Bianco yang sering menjadi traveller, dan Mike Aquino yang berprofesi sebagai copywritter.

Mereka dan juga blogger di Indonesia, disatukan dalam sebuah teknologi penyebaran informasi yang sepertinya sudah menjadi gaya hidup. Life style yang lahir dari tuntutan kebutuhan manusia dalam bersosialisasi dengan manusia lainnya. Namun bukan dalam dunia nyata, tapi sosialisasi maya dalam dunia internet.

Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP