Penyakit Kronis

Penyakit kronis adalah penyakit yang sudah berlangsung lama dan bisa menyebabkan kematian. Bila manusia sudah menderita penyakit kronis seperti jantung, kanker, atau AIDS, bisa dibilang tinggal menunggu hari saja.


Jakarta sepertinya mengidap penyakit kronis dengan kemacetannya. Setiap pagi atau sore, tidak di mana-mana selama masih di Jakarta, pasti ada kemacetan. Jalan lengang Jakarta hanya bisa dilihat ketika penduduknya mudik Lebaran.
Banyaknya pemilik kendaraan bermotor diduga sebagai penyebabnya. Selain itu, tidak bertambahnya ruas jalan pun semakin menambah parahnya Jakarta.
Karena kemacetan kronis Jakarta, kerugian diduga Rp43 trilyun karena pemborosan bahan bakar, waktu kerja, angkutan barang, dan angkutan umum. Terlebih lagi, Jakarta pun bisa mandek pada tahun 2014 jika kemacetan tidak bisa di atasi.
Sepakat bila akhir-akhir ini sudah masuk musim penghujan, penyakit kronis Jakarta lain pun akan kambuh lagi, banjir.
Tercatat dalam tahun-tahun terakhir ini, Jakarta pasti menjadi langganan banjir. Minimal, jalan-jalan biasa sampai jalan setingkat propinsi pasti ada yang tergenang.
Awal 2007 lalu saja, sekitar 60% wilayah Jakarta terendam banjir. Di beberapa titik, kedalamannya mencapai 5 meter. Karenanya, banyak korban jiwa dan harta benda melayang.
Lalu, bagaimana mengatasi 2 penyakit kronis tersebut? Tenang saja, Pemprop DKI Jakarta sudah mengantisipasinya. Untuk penyakit macet, pemerintah sedang membangun jalur Busway. Sedang banjir, mereka sudah rapat koordinasi dengan aparat penanggulangan banjir, gladiresik, bahkan pameran banjir.
Tapi, bukankah pembangunan Busway sering mendapat tentangan dan malah menyebabkan kemacetan semakin parah? Bukankah apa yang dilakukan pemerintah mengatasi banjir di atas sudah dilakukan tiap tahun?
Hasilnya, tetap tak memuaskan. Dari tahun ke tahun tetap saja begitu. Minim terobosan baru. Apa yang harus kita lakukan? Revolusi? Atau kita biarkan saja Jakarta tenggelam dan tertimbun banyaknya kendaraan bermotor. Mau?

Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP