Pilih Wakil Rakyat dengan SMS

Kemajuan teknologi telah mempengaruhi cara pemilihan wakil rakyat di beberapa negara. Di AS, Barrack Obama terpilih via pemilu yang digelar di Internet. Namun rakyat Estonia punya cara lain.


Tahun 2011 mendatang, rakyat republik Estonia akan memilih wakil rakyatnya dengan menggunakan ponsel. Menurut jubir SK Certification Center di Estonia Raul Kaidro, cara ini mudah dan aman. Namun para pemilih sebelumnya harus memiliki chip resmi yang gratis. Chip ini akan mengandung tandatangan digital yang sudah tersandi, yang akan menjadi tanda pengenal pemiliknya dan memungkinkannya memilih dengan menggunakan pesan SMS.

Namun pemilu mobile ini bukanlah satu-satunya cara untuk memilih. Cara ini hanyalah tambahan dari sistem online dan pemilihan di tempat. Namun semuanya akan terhubung ke sebuah database terpusat untuk identifikasi dan registrasi suara secara instan.

Menurut audit sekuriti independen, proses pemilihan via SMS ini sepenuhnya aman dan bebas utak-atik. Apalagi pengalaman mereka sebelumnya dengan voting online di tahun 2007 - yang juga menggunakan kartu ID digital – sukses. Selain Estonia, Swedia dan Finlandia juga secara teknologi sudah siap untuk menggunakan metoda SMS untuk pemilu.(Kompas.com)

Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP