Satu Dekade JiFFest

Ajang pemutaran film-film berskala internasional, Jakarta International Film Festival (JiFFest) akan digelar 5 – 9 Desember 2008. Tahun ini, JiFFest memasuki tahun ke-10 dan selama satu dekade menjadi salah satu acara kebudayaan berskala internasional yang sukses bertahan di Indonesia.


Lebih dari 100 film dari 24 negara akan diputar tahun ini. Pemutaran film akan bertempat di Platinum XXI FX, Blitz Megaplex Grand Indonesia, pusat-pusat kebudayaan seperti Erasmus Huis, Kineforum TIM, Galeri Cipta TIM, GoetheHaus, Institut Italiano di Cultura, dan The Japan Foundation.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1999 sampai sekarang, JiFFest selalu mendapat tanggap positif dari pecinta film di dalam dan luar negeri. Dengan rata-rata jumlah penonton antara 50 – 60 ribu selama 3 tahun terakhir. Sejak tahun 2006, JiFFest juga telah menjadi festival film internasional terbesar di Asia Tenggara dalam jumlah penonton. Jauh melewati kapasitas penonton festival film internasional di Bangkok, Singapura, dan Manila.

Namun krisis ekonomi global akhir-akhir ini memaksa JiFFest mengurangi skala festival demi keberlangsungan acara JiFFest itu sendiri. Dari 10 hari penyelenggaraan, dikurangi menjadi 5 hari. Hal ini terpaksa dilakukan agar dengan segala keterbatasan yang ada, JiFFest dapat terus hadir menjadi agenda tahunan budaya Jakarta dan Indonesia.

Meski begitu, JiFFest tetap terus menjadi ajang tontonan film-film berkelas dunia terbesar di Indonesia, dan yang lebih penting, JiFFest menjadi bagian kebangkitan dunia perfilman Indonesia. Saat JiFFest baru mulai, kurang dari 10 film Indonesia dirilis setiap tahunnya, tetapi sekarang, hampir 100 film Indonesia telah dan akan dirilis sampai bulan Desember 2008.



Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP