Siasati Ongkos Kirim

Tanya :
Pak Rusman, sekarang ini saya sedang menjalani usaha penjualan produk melalui internet. Setiap orang yang ingin membeli produk saya, bisa langsung menghubungi via telepon atau email. Tapi, saya sedang bingung dengan biaya antar barang.

Banyak pengusaha lain yang tidak memungut biaya antar barang, tapi ada juga yang memungut biaya dalam jarak tertentu. Skenario bisnisnya berbeda-beda. Bagaimana menurut pak Rusman sendiri? Adakah alternatif lain? Perhitungan bisnisnya bagaimana?

Kemudian bagaimana dengan cara mengantarnya? Apakah lebih baik melalui jasa antar atau membayar orang untuk mengantarkan barang? Akankah lebih baik kalau saya menginvestasikan motor untuk antar barang? Terima kasih,

Abdul Syukur
Kembangan Utara


Jawab :
Apa yang Bapak tanyakan itu seluruhnya terkait dengan masalah biaya operasional. Bagaimana pun juga harus dihitung agar tidak menimbulkan kerugian pada usaha Anda secara keseluruhan.

Teoritis, sebenarnya masalah ini cukup mudah diatasi. Misalnya, Anda bisa saja tidak mengenakan biaya antar barang kepada pelanggan, dengan catatan Anda telah memasukkan komponen biaya tersebut ke dalam harga barangnya sendiri.

Atau, Anda hanya membebaskan biaya antar untuk jarak-jarak tertentu saja. Sedangkan untuk jarak yang lebih jauh, di luar kota atau di luar pulau, baru Anda kenakan ongkos kirim. Sekali lagi Anda harus menghitungnya secara cermat. Ingat bahwa, pada kenyataannya biaya pengiriman barang pasti selalu ada. Bedanya, biaya tersebut bisa tidak nampak karena telah digabungkan ke dalam harga barang, atau terlihat jelas berdiri terpisah sebagai komponen biaya tambahan.

Kalau Anda bertanya, lebih baik mana antara menggunakan jasa pihak ketiga dalam pengiriman barang dibanding dengan membeli motor sendiri, maka hal itu harus dilihat menurut kebutuhan yang ada.

Pertama, Anda lihat dulu komposisi jumlah pelanggan Anda, apakah lebih banyak di dalam kota yang berarti lebih banyak yang berjarak dekat, ataukah justru menonjol yang berada di luar kota atau malah di luar pulau. Bahkan luar negeri, mungkin?

Kalau jumlahnya lebih dominan di dalam kota (jarak dekat), maka saya setuju kalau Anda berinvestasi membeli motor. Penggunaan sepeda motor di dalam kota akan jauh lebih ekonomis daripada menggunakan jasa antar barang dari pihak ketiga. Hanya saja, Anda harus ingat bahwa yang namanya investasi dalam bentuk perangkat, pasti memiliki nilai penyusutan (depresiasi) yang harus dihitung setiap tahunnya. Katakanlah, untuk sepeda motor nilai penyusutannya mencapai 20%, maka berarti sepeda motor tersebut akan habis nilainya dalam waktu 5 tahun ke depan.

Investasi juga jangan sampai lupa dihitung dalam proyeksi keuangan usaha, sehingga Anda tidak akan keliru memperkirakan masa balik modal (BEP=Break Even Point), terutama dalam pertanggungjawaban kepada pemilik modal nanti.

Dalam hal pelanggan lebih banyak yang berada di lokasi jauh, mungkin Anda tidak perlu menyediakan transportasi sepeda motor sendiri. Pengiriman barang jarak dekat yang hanya sekali-sekali, bisa dilakukan menyesuaikan dengan situasi yang ada. Bisa dengan diantar oleh karyawan yang memiliki motor pribadi, atau Anda antar sendiri ketika kebetulan ada waktu dan kesempatan yang mendukung, atau bisa juga dengan dibawa menggunakan angkutan umum saja.

Untuk pengiriman ke lokasi jauh, mau tidak mau Anda harus menggunakan jasa ekspedisi. Carilah perusahaan ekspedisi yang terpercaya, yang di satu pihak biayanya terjangkau, di lain pihak pelayanannya memuaskan terutama dalam hal kecepatan dan keamanan barang.

Untuk yang seperti ini, pastikan bahwa biaya pengiriman sepenuhnya ditanggung pihak konsumen. Kalau perlu bersikaplah terbuka, serahkan pada konsumen soal pengiriman barang ini mereka ingin menggunakan perusahaan ekspedisi yang mana, beritahu rate harga pengirimannya secara terbuka (jangan dimark-up), dengan jenis layanan yang bagaimana (biasa, ekspres, one day service dan lain-lain) lalu lakukan proses sebaik-baiknya oleh perusahaan Anda sebagai layanan ekstra.

Demikian Pak Abdul Syukur, semoga penjelasan ini dapat membantu memperluas cakrawala Anda dalam penanganan masalah pengiriman barang ke pelanggan Anda. Selamat bekerja, sukses selalu. (Rusman Hakim)

Read More ..

Sewa Peralatan Bayi

Tanya:
Belakangan ini, saya memiliki ide usaha untuk membuka tempat penyewaan peralatan bayi seperti, kereta bayi, tempat tidur, baby walker, dsb. Kira-kira menurut Pak Rusman, bagaimana prospek usaha tersebut?

Kemudian, bagaimana dengan letak usahanya? Di pinggir jalan atau dekat dengan lokasi perumahan. Sistem sewa menyewanya lebih baik dalam tempo berapa lama? Bulanan, triwulan atau bagaimana?

Terakhir, saya minta saran juga mengenai hal-hal lain yang berhubungan dengan bisnis ini. Terima kasih.

Andre
Kebon Jeruk

Jawab:
Untuk jaman sekarang ini, di mana kesempatan kerja di Indonesia sudah semakin langka, sedangkan berbisnis juga diwarnai dengan tingkat persaingan yang sangat ketat, maka kreativitas mencari ceruk pasar menjadi salah satu jalan keluar dalam meniti kehidupan di masa mendatang.

Di Amerika yang sudah demikian maju pun, persoalan semacam itu sudah lama terjadi dan diperkirakan akan terus berlangsung semakin intens. Tidak heran kalau di sana, orang mencari celah-celah bisnis sampai kepada bidang yang sebelumnya tidak pernah tersentuh. Contohnya antara lain layanan pembersihan kotoran binatang peliharaan seperti anjing dan kucing yang dilakukan ke rumah-rumah.

Saya lihat bidang yang Anda rencanakan itu cukup inovatif. Karena, saat sekarang ini hampir semua keluarga muda cenderung mencari segala sesuatu yang serba praktis dan ekonomis, sehingga disadari atau tidak, pelayanan sewa-menyewa peralatan bayi akan muncul sebagai salah satu solusi yang mereka butuhkan.

Saya percaya bahwa bidang usaha jenis ini akan berprospek baik.

Tentang keletakan usaha, saya rasa yang paling sesuai adalah di komplek-komplek perumahan, istimewanya di tempat di mana bermukim keluarga-keluarga muda yang masih dalam usia sangat produktif. Dan jangan lupa, perhatikan juga bahwa seyogyanya komplek perumahan itu dihuni oleh mereka yang termasuk dalam kalangan menengah ke atas. Sebab apa?

Sebab, terhadap penawaran-penawaran di bidang yang relatif baru, kalangan menengah ke atas biasanya lebih responsif. Mereka menyukai hal-hal baru, dan mereka memiliki kemampuan finansial untuk mencoba hal-hal baru tersebut.

Sedangkan soal waktu sewa, apakah bulanan, triwulanan atau tahunan, ini dapat menjadi kesempatan Anda untuk berkreasi dalam wacana marketing. Seperti kita tahu, pengusaha biasanya memberikan banyak alternatif atau option kepada pelanggannya. Ini untuk menimbulkan kesan profesional, di mana pengusaha ingin terlihat “perduli” terhadap rasio kebutuhan vs kemampuan pelanggan sehingga prospek menjadi tertarik untuk membeli.

Contohnya, ada pengusaha yang menawarkan pembelian dalam jumlah banyak akan diberikan harga yang lebih murah atau dapat bonus tertentu. Demikian juga sewa rumah atau kantor selama 2 tahun, akan diberi diskon yang lumayan besar sementara kalau 1 tahun tidak mendapat keringanan apa-apa. Pembayaran secara cicilan, angsuran atau tempo juga masih dalam kerangka ini.

Nah, Anda juga bisa menerapkan hal yang sama pada bisnis sewa-menyewa peralatan bayi. Coba Anda pelajari kemungkinannya, misalnya seorang ibu minimal membutuhkan kereta bayi itu berapa lama? Idealnya berapa lama?

Anda bisa mencoba memainkan tawaran diskon atau bonus di antara jenis-jenis kebutuhan itu terkait dengan waktu pemakaian yang dibutuhkan. Bisa jadi bulanan lebih menguntungkan daripada triwulanan, mingguan lebih baik dari bulanan,bahkan bisa jadi sewa harian akan menjadi solusi terbaik.

Untuk hal-hal lain yang berhubungan dengan bisnis ini, saya sarankan Anda untuk dapat mempelajari kemungkinan untuk juga memberikan pelayanan penitipan bayi. Saat sekarang, kebanyakan orang tua sudah mulai “berani” mempercayakan penanganan bayinya kepada lembaga-lembaga penitipan bayi, baik diperumahan, di tempat-tempat perbelanjaan dan bahkan saya dengar sudah ada juga di sekitar daerah perkantoran.
Demikian, sekian dulu dari saya dan selamat berjuang, Andre..(Rusman Hakim)

Read More ..

Membuka Tahun Kerbau

Membuka lembar tahun baru bisa menjadi saat yang membahagiakan. Masyarakat biasa merayakannya dengan pesta pora dan gemerlap taburan kembang api. Lokasi peristirahat seperti Puncak atau pinggir pantai di Anyer, penuh sesak dengan orang-orang yang ingin menghabiskan tahun baruan.

Seremoni tersebut tidak sedikit menghamburkan uang. Padahal, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi di tahun 2009 nanti. Krisis global yang mengimbas negara kita pun belum terlihat redanya. Tidak sedikit buruh yang diputuskan hubungan kerjanya, tingginya harga kebutuhan pokok, dan bertambahnya rakyat miskin, menjadi indikasi belum makmur dan sejahteranya negara ini.

Apalagi tidak berapa lama akan diselenggarakan pergulatan politik yang akan memerebutkan tampuk kepemimpinan. Pemilu 2009 akan dimulai tahun depan. Di situ, rakyat akan memilih siapa yang akan membuat kebijakan dan memimpin bangsa ini.

Mudah saja bila hanya memilih pemimpin, tapi mencari pemimpin yang memihak, mementingkan, dan memiliki empati pada rakyatlah yang sulit. Terlebih lagi Pemilu kali ini diikuti oleh puluhan partai dan beberapa calon presiden yang tentunya membuat “bingung” rakyat.

Sekedar mengingatkan, setiap pergantian tahun, umur manusia sebenarnya semakin bertambah yang artinya hidup kita di dunia ini semakin dekat. Dari pada berpesta mengekpresikan hura-hura, kenapa kita tidak lebih menekankan pada intropeksi diri. Melihat ke belakang dan menilai apa yang benar dan salah dalam diri kita masing-masing.

Akan lebih baik bila kita juga menenggelamkan diri dalam perenungan eksistensi sendiri. Mencoba melihat ke depan, memroyeksikan tujuan, dan mencari cara untuk mendapatkan impian. Bersyukur pada Tuhan dan memanjatkan doa adalah yang pertama saat malam tahun baru.

Selamat Tahun Baru 2009 !

Read More ..

Motor, Belum Bisa Dibatasi

Sepeda motor di Indonesia belum bisa dibatasi jumlahnya. Pasalnya, sebagian besar masyarakat masih menilai motor sebagai alat transportasi yang murah dan terjangkau.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Sinduwinata, Tingkat kebutuhan masyarakat terhadap motor masih tinggi karena masyarakat masih mengangap harga motor masih terjangkau dan lebih praktis.

Tiap tahun, angka penjualan sepeda motor di Indonesia, terus meningkat. Pada tahun 2007 lalu saja, sekitar 4,7 juta unit motor laku terjual atau meningkat sekitar 6% dibanding tahun 2006. Mendekati akhir 2008 ini diperkirakan akan terjual 6 juta motor baru.

Padahal, dengan bertambahnya jumlah sepeda motor di jalanan, akan timbul berbagai masalah. Misalnya, masalah keselamatan pengendara di jalan raya karena minimnya sarana dan prasarana jalan bagi pengendara motor.

Semakin bertambahnya jumlah motor juga disebabkan karena belum tersedianya moda transportasi yang memadai buat masyarakat. “Motor banyak dipilih oleh masyarakat karena memang kita belum memiliki moda transportasi lain yang memadai. Misalnya, subway atau bis yang terbilang cukup nyaman dan mencukupi kebutuhan masyarakat, “ kata Mentri Perindustrian, Fahmi Indris ketika membuka Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2008.

Saat ini, motor banyak digunakan oleh masyarakat kategori produktif. Profil pengendara motor di Indonesia terdiri dari : karyawan swasta 29%, wiraswasta 27%, pelajar/mahasiswa 24%, karyawan pemerintah/TNI/POLRI 8%, dan lain-lain 12%. Dengan begitu, industri sepeda motor di Indonesia tidak bisa dipungkiri perannya sebagai penggerak sektor riil.

Di samping itu, industri motor juga memiliki peran dalam penyediaan lapangan kerja. Sekarang, industri motor terdiri dari 40 industri perakitan, 195 industri komponen lapis pertama, 600 industri komponen lapis kedua, 18.000 authorized sales/services & parts, dan 12.000 outlet non authorized sales.

Dengan demikian, industri ini telah mampu memberikan kesempatan kerja pada sekitar 400.000 orang. Mereka semua tersebar mulai pekerja industri perakitan sampai bengkel, belum termasuk dari sektor informal seperti usaha tambal ban.

Bukan hanya itu, nilai ekspor sepeda motor dan komponennya pun mengalami peningkatan yang signifikan. Sampai September 2008, tercatat sebanyak 51 ribu unit motor telah di ekspor ke berbagai negara atau meningkat 99% dibanding total ekspor 2007 sebesar 25 ribu unit.

Melihat kenaikan penjualan sepeda motor tiap tahunnya, industri motor dan turunannya seperti tidak terkena dampak krisis global. Masyarakat masih mengandalkan motor sebagai alat transportasi utama. Lihat saja di kala jam kerja, hampir di setiap perempatan, motor berjejal memenuhi jalan.

Jika industri ini terus meningkat dan permintaan masyarakat masih cukup tinggi, maka pemerintah harus sigap dengan membenahi sarana dan prasarana jalan. Bila tidak, motor dan penggunanya akan tetap dituding sebagai biang kemacetan.

Industri Motor
Industri sepeda motor tidak bisa terlepas dari produsen otomotif yang menaunginya. Tercatat beberapa merek motor beredar di Indonesia. Sebut saja Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan sebagainya.

Mereka semua bersaing dalam hal penjualan dan menggaet minat masyarakat. Lihat saja dalam ajang pamer sepeda motor JMCS 2008 awal Desember lalu. Sebanyak 70 perusahaan mewakili industri otomotif, ambil bagian dalam perhelatan 2 tahunan tersebut.

Bukan hanya dalam angka penjualan, mereka pun berlomba memamerkan teknologi yang digunakan. Misalnya, industri motor lokal yang telah mampu diproduksi dengan teknologi ramah lingkungan dengan standar emisi EURO-2. Dengan teknologi tersebut, bahan bakar motor akan bisa lebih dihemat. Konsumsi bahan bakarnya sekitar 50 – 60 km/liter.

Ada pula Kanzen dengan Kanzen Hybrid yang memiliki dua sistim pasokan bahan bakar, instalasi bahan bakar bensin dan LPG.

Semakin maraknya “pemain” di industri sepeda motor tentunya akan berdampak positif buat masyarakat. Bukan hanya harga sepeda motor yang akan bersaing, tapi juga meningkatnya kualitas produk yang lebih ramah lingkungan dan minim pemakaian bahan bakar.


Read More ..

Pilih Wakil Rakyat dengan SMS

Kemajuan teknologi telah mempengaruhi cara pemilihan wakil rakyat di beberapa negara. Di AS, Barrack Obama terpilih via pemilu yang digelar di Internet. Namun rakyat Estonia punya cara lain.


Tahun 2011 mendatang, rakyat republik Estonia akan memilih wakil rakyatnya dengan menggunakan ponsel. Menurut jubir SK Certification Center di Estonia Raul Kaidro, cara ini mudah dan aman. Namun para pemilih sebelumnya harus memiliki chip resmi yang gratis. Chip ini akan mengandung tandatangan digital yang sudah tersandi, yang akan menjadi tanda pengenal pemiliknya dan memungkinkannya memilih dengan menggunakan pesan SMS.

Namun pemilu mobile ini bukanlah satu-satunya cara untuk memilih. Cara ini hanyalah tambahan dari sistem online dan pemilihan di tempat. Namun semuanya akan terhubung ke sebuah database terpusat untuk identifikasi dan registrasi suara secara instan.

Menurut audit sekuriti independen, proses pemilihan via SMS ini sepenuhnya aman dan bebas utak-atik. Apalagi pengalaman mereka sebelumnya dengan voting online di tahun 2007 - yang juga menggunakan kartu ID digital – sukses. Selain Estonia, Swedia dan Finlandia juga secara teknologi sudah siap untuk menggunakan metoda SMS untuk pemilu.(Kompas.com)

Read More ..

ASIMO Bisa Berlari

Honda tampil menawan dalam JMCS 2008 dengan menghadirkan ASIMO (Advance Step in Innovative Mobility) sebagai bukti dari kehebatan teknologinya. ASIMO merupakan robot berbentuk manusia (humanoid) generasi terbaru (version 2.0) yang dapat berdampingan harmonis dengan manusia.


ASIMO telah mengalami penyempurnaan signifikan, diantaranya : mampu berlari, berjabat tangan, bermain bola, menari, menyayangi, dan mempunyai beberapa bahasa tubuh seperti manusia (terkejut, marah, bahagia).

Saat pembukaan JMCS 2008 pun, Menteri Perindustrian, Fahmi Idris, sempat berjabat tangan dengan robot ini. Begitu juga dengan pengunjung di hari pertama yang menyaksikan ASIMO berlari dan bermain bola. ASIMO dapat menendang bola dan berlari dengan kecepatan maksimum 6 km/jam.

ASIMO merupakan robot humanoid pertama di dunia yang telah berumur sekitar 9 tahun. Setelah mengalami beberapa perubahan, berat robot yang juga bisa berjalan lambat ini bertambah menjadi 50 kg dengan tinggi sekitar 131 cm.

Read More ..

Kompetisi BMX di Pameran Motor

Selain pameran motor dengan teknologi dan berbagai pendukungnya, Jakarta Motorcycle Show juga menghadirkan “Indonesia BMX Battle Tournament 2008”. Ajang ini merupakan pertempuran terakhir untuk membuktikan siapakah tim BMX terbaik di tahun 2009.


Acara yang digelar dari 6 – 14 Desember 2008 di Jakarta Convention Center ini akan mencari yang terbaik dari yang terbaik untuk kategori Flatland dan Street.
TREX Games Busan.

Metode yang digunakan dalam kompetisi ini adalah pertandingan tim VS tim. Setiap tim yang terdiri dari 2 orang riders BMX (Flatland maupun Street) akan diadu dengan sistim gugur dan polling grup.

Dalam event ini, akan hadir 2 orang riders dari Team Haro Bikes International yaitu, Collin Mackay dan Mike Ishizuka pada 13 – 14 Desember. Mereka akan bertindak sebagai juri dan memberi materi pelatihan serta bertindak sebagai “The Boss” yang akan bertanding dengan pemenang dalam acara ini.

Sampai saat ini, telah banyak riders Indonesia yang berhasil menggaet prestasi internasional. Sebut saja seperti, Rizky Leonardo (Wimcycle Team), Herman Sulaeman aka Moothink (Wimcycle Team), dan Mathius Adi Wibowo (Oakley & Extreme Toys Team. Mereka sering mengharumkan nama Indonesia di ajang AXF Korea 2008, TREX Games Busan, BMX Metro Jam Singapore 2007, dan Asian Indoor Games 2008 di Macau.


Read More ..

Inovasi Anak Negeri

PT. Inti Kanzen Motor sebagai salah satu anggota AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) ikut berpartisipasi dalam acara Jakarta Motorcycle Show (JMS) yang ke-4 di Jakarta Convention Centre.


Dalam pameran kali ini, Kanzen menampilkan produk-produk hasil inovasi baru. Di antaranya, Kanzen Hybrid, Kanzen Konsep Sasori, Kanzen Multi Purpose Motorcycle (MPM) dan Kanzen Gemini.

Salah satu teknologi yang sudah dipatenkan adalah Kanzen Hybrid. Sepeda motor bebek ini memberikan alternatif teknologi yang sesuai dengan kondisi alam Indonesia yang kaya akan gas alam. Motor ini memiliki 2 sistem pasokan bahan bakar, bensin dan LPG sehingga sangat ekonomis.

Sedangkan Kanzen MPM mengusung teknologi baru dengan sistim transmisi triptonik. Sistim pemindahan gigi dapat dioperasikan secara fully automatic dengan cara hanya memutar gas. Motor langsung jalan.

Kanzen MPM juga dapat difungsikan secara semi automatic. Caranya, pengendara bisa melakukan pemindahan gigi melalu tombol yang terletak di tangan kiri.

Produk lain yang ditampilkan adalah Roadwin 200cc, Kanzen Gemini berkonsep funny dan simple yang mengutamakan rangka motor sebagai bagian dari gaya, Supermoto, Ultima 110, Ultima Armylook, Taurus 110, Taurus Monoshock, Pesona 5 Limited Edition, dan Pesona 5 Special Edition.

Penghargaan Kanzen

Kanzen Taurus telah berhasil mendapat berbagai penghargaan. Antara lain, Gold Award dalam Indonesian Good Design Selection (IGDS) 2005 dari Pusat Desain Nasional untuk kategori Sport & leisure, Anugrah UPAKARTI tahun 2006 untuk Rintisan Teknologi Industri.

Pun beberapa penghargaan dari kalangan media otomotif seperti, Motorplus Award 2006 untuk kategori Lokal Design Bike, Mr Testo ward 2008 dari Tabloid Otomotif untuk esain terbaik.

Sementara Taurus Ultima Supermoto meraih penghargaan untuk kategori Creative Design pada Indonesian Motorcycle Of The Year 2008 yang diselenggarakan MotoRev.

Read More ..

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP