Soto Surabaya dengan Bumbu Tumbuk

Soto bukanlah makanan asing bagi warga Jakarta, baik yang isinya daging ayam atau sapi, cukup banyak peminatnya. Karakteristik rasa dan tampilan menu pun bisa bervariasi berdasar daerahnya.

Bila ingin mencicipi soto Surabaya yang khas dengan taburan koyanya, coba saja datang ke kedai Soto Bumbuk yang berlokasi di jajaran Ruko Taman Palem Lestari, Cengkareng. Di sana, akan dapat dirasakan soto Surabaya yang diolah dengan cita rasa dari pemiliknya, Lina.

Salain rasa, pengolahan bumbu masaknya pun terbilang masih tradisional. Caranya dengan ditumbuk. Dengan begitu, rasanya pun lebih nikmat. “Karena itulah, saya menamai kedai makan ini dengan Soto Bumbuk (Bumbu Tumbuk),” kata Lina.

Istimewanya lagi, meski tempat makan ini berada di ruko dengan pendingin ruangan yang nyaman, tapi harganya bisa dibilang murah. Bahkan, bisa bersanding dengan pedagang kaki lima. Misalnya, harga soto ayam hanya Rp 8000/porsi. Sedang soto ayam mie dan soto ayam lontong, harganya cuma Rp 10.000/porsi. Makanya, Lina menyebut rumah makannya memiliki “Rasa Hotel Bintang 5, Harga Kaki 5”.

Enaknya lagi, Soto Bumbuk juga menyediakan sandingan soto selain nasi. Seperti campuran mie atau lontong. Selain itu, tersedia pula aneka minuman seperti, es jeruk, es cin cau, es agar-agar, dan lainnya.

Makan soto tidak nikmat bila tanpa sambal. Nah, Soto Bumbuk juga punya sambal goreng khas yang terbuat dari cabe rawit merah dengan campuran kuah soto. Rasanya cukup pedas dan masih beraroma soto.

Kemudian, sambil menunggu pesanan, Anda bisa melihat-lihat berbagai produk interior seperti kawat nyamuk, vertical blind, roman shade, krei, dan sebagainya. Produk yang diimpor dari Taiwan ini, sengaja dipajang di ruang makan dan dijual dengan harga mulai Rp 100 – 500 ribu/m2. Tersedia berbagai jenis kain dari kualitas standar sampai deluxe dengan warna-warni yang variatif.

Soto Bumbuk yang baru saja dibuka akhir Mei 2010 ini, buka dari pukul 09.00 – 20.30.

Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP