Menata Ruang Tamu

Tanya :
Menjelang hari besar seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, dan hari besar lainnya, biasanya kita sering mendekor ulang ruangan. Saya ingin bertanya tentang penataan ruangan di rumah. Bagaimana cara menata ruang tamu menurut Hongshui? Apa saja yang boleh ditempatkan? Bagaimana aturan memilih warna untuk cat dinding, dan apakah penempatan lukisan dan lampu duduk di pojok ruangan itu baik?

Seberapa besar prioritas pengaturan ruang tamu setelah letak pintu utama? Katanya, patung binatang buas seperti macan tidak boleh diletakkan di ruang tamu, mengapa? Bagaimana dengan warna sofa dan lantai keramik?

Apakah pagar saya sebaiknya terbuat dari besi atau tembok? Saya ingin mengganti pagar tanaman menjadi pagar besi. Apakah ini baik buat saya? Sebaiknya warna catnya apa ? Saya kelahiran 28 November 1970. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. Salam.

Teguh Wijaya
Muara Karang, Jakarta Utara.

Jawab :
Dalam fengshui/hongshui, hal pertama yang dilihat dari sebuah rumah antara lain adalah arah hadap pintu. Pintu utama adalah mulut energi rumah tersebut, jadi memperoleh prioritas yang tinggi. Ruang tamu biasanya merupakan ruang pertama yang dimasuki oleh penghuni/tamu. Sehingga akan memengaruhi energi yang masuk tadi. Tentu saja, pengaturan warna ataupun benda yang baik untuk diletakkan di dalam ruangan sangat tergantung pada kondisi penghuni rumah, khususnya kepala rumah tangga. Mengapa demikian? Rujukan ini dibuat dengan pertimbangan bahwa jika kepala rumah tangga sehat dan makmur, seluruh penghuni rumah ikut menikmati kesehatan dan kemakmuran.

Selain itu, memang ada peraturan yang berlaku umum sifatnya. Pintu tidak boleh saling berhadapan, atau membentuk satu garis. Pintu adalah tempat lewatnya energi, dan pintu yang berhadapan membuat energi mengalir lurus dan terlalu cepat tanpa sempat mengisi seluruh ruangan. Chi atau energi yang cocok untuk rumah adalah yang mengalir tenang, berkelok-kelok. Ini akan membuat rumah menjadi tempat beristirahat yang nyaman.

Prinsip ini juga berlaku untuk hal-hal lain, seperti pemilihan lukisan dan pajangan. Bila Anda memajang lukisan, perhatikanlah baik-baik. Apakah warnanya suram atau cerah? Apakah menggambarkan kesedihan atau kesepian, ataukah menggambarkan kebersamaan dan kegembiraan? Apakah ada kemarahan atau ketakutan? Ataukah mencerminkan cinta, keindahan, atau kemakmuran? Pastikan bahwa lukisan Anda menimbulkan energi positif saat melihatnya. Inilah sebabnya mengapa meletakkan pajangan binatang buas atau benda-benda tajam sebaiknya dihindari. Pada dasarnya, binatang buas memiliki energi yang buas, dan senjata atau benda-benda tajam terkait dengan perselisihan, perang, dan dorongan untuk melemahkan pihak lain. Benda-benda ini akan memengaruhi energi di dalam rumah Anda.

Selebihnya, pengaturan ruang tamu perlu dicocokkan dengan pribadi penghuninya. Bagi Anda, sesuai dengan tanggal lahir Anda, warna-warna yang cocok untuk rumah Anda adalah warna tanah seperti coklat, kuning, krem. Warna panas seperti merah dan oranye juga bisa sedikit ditambahkan. Warna lain yang baik untuk Anda adalah hitam atau biru. Dengan kombinasi warna seperti ini, Anda bisa memilih tema ruangan etnik, dengan motif yang bernuansa coklat-merah, krem, dan warna hitam atau biru sebagai aksen. Anda tinggal kombinasikan warna-warna ini dalam ruang tamu Anda, termasuk untuk warna sofa, lemari, lantai, cat dinding, dan aksesoris seperti bantal sofa dan pajangan. Anda juga saya sarankan untuk meletakkan pajangan dari tanah dan batu seperti keramik.

Untuk pagar rumah, saya sarankan tidak banyak menggunakan material logam ataupun tanaman, tapi Anda bisa membangun pagar tembok. Warna yang baik untuk pagar rumah Anda tergantung dari arah hadap. Bila rumah Anda menghadap timur laut atau barat daya, maka Anda bisa menggunakan warna coklat, kuning, atau krem. Bila rumah Anda menghadap utara, Anda sebaiknya menggunakan warna hitam. Sebagai tambahan, Anda dapat mengisi taman Anda dengan jalan setapak yang diisi batu seperti batu kali, dan patung dari batu. Bila Anda memiliki air mancur di utara, bahannya bisa Anda pilih yang terbuat dari batu-batuan. Selamat merenovasi rumah!

Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP