Tumbuh 1000 Mati Beribu

Jumlah blog yang terdapat di dunia internet pada Oktober 2006 lalu saja sekitar 27 juta. Kenyataan tersebut seperti dikutip dari scriptintermedia.com, bisa terus bertambah. Menurut laporan Technorati.com, masih dalam tahun yang sama, sekitar 75.000 blog baru muncul setiap hari, dan sebuah blog baru tercipta setiap detik. Setiap jam para blogger memasukkan 50.000 entri baru dari seluruhnya 1,2 juta entri baru per hari.


Namun, dari begitu banyak blog, hanya sekitar 60 – 80% yang hidup selama 1 bulan. Blog mudah memulainya, tapi susah mengurusnya. “Meski punya komitmen yang kuat, tapi ngeblog butuh ekstra waktu dan energi,” ucap Nukman.

Makanya, ketika memiliki blog ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, ambil topik yang unik dan menarik, tapi jangan membuat postingan yang kental nuansa pornografi. Pun jangan menulis tema tulisan yang bukan bidangnya.

Kedua, karena tidak mudah untuk mengurus blog, blogger harus benar-benar menyediakan waktu dan energi. Terkadang, meski punya komitmen kuat, kita sering terhalang oleh pekerjaan kita sendiri, keluarga, dan kepentingan dalam bermasyarakat.

Ketiga, dengan alasan internet yang akan menggeser media mainstream, maka blog pun harus bisa menyuguhkan informasi yang aktual dan berhubungan dengan waktu, signifikan (tulisan yang memiliki dampak buat pembacanya), disukai banyak orang, tentang hal dan orang-orang yang populer, serta informasi yang bersifat human interest.

Setidaknya, seorang blogger harus pula menggunakan pendekatan newsworthy dalam menulis posting buat blog-nya.

Di luar hal tersebut, blogger juga harus be awesome dan friendly. Mereka harus bisa menghargai pembacanya. Misalnya, dengan tidak asal dalam menjawab komentar, tapi berusahalah mengajak berdiskusi.

Buatlah semacam stop list yang kira-kira akan menghalangi kita beraktifitas di blog. Terakhir, bangunlah hubungan dengan orang lain, kalau bisa secara off line. “Dengan begitu, biasanya akan ada saja ide-ide tertentu, bahkan ide bisnis yang menguntungkan,” kata Nukman.

Artikel Berkaitan

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP