12/08/08

Mengenal Alat Diagnosis Tercanggih

Teknologi kesehatan terus berkembang. Kian hari, kian canggih alat kedokteran yang dipakai dalam dunia medis. Seperti MSCT – 128 Slice yang mampu mendeteksi sel ukuran 5 mm dan merekam degup jantung dalam keadaan aritmia.


Perkembangan rumah sakit dan teknologi kesehatan sekarang ini sudah berkembang dengan pesat. Berbagai rumah sakit dari yang milik pemerintah sampai berstandar internasional dibangun. Begitu juga dengan teknologi kesehatan, diadaptasi sedini mungkin.

Alat radiologi misalnya, alat ini berfungsi untuk mendeteksi penyakit seseorang. Sehingga akan lebih memudahkan dokter dalam mendiagnosis suatu penyakit. Bahkan bisa pula mendeteksi sebelum terjadi gangguan atau penyakit tertentu dalam diri seseorang.

Saat ini, alat radiologi berkembangan semakin pesat. Mulai sinar X, ecocardiografi, MRI (Magnetic Resonance Imaging) sampai MSCT (Multi Slice Computed Tomography Scanning). MSCT sendiri sudah berkembang dari slice (potongan) 16, 64, dan yang terakhir adalah 128.

Untuk perkembangan teknologi radiologi yang terakhir, meski banyak membantu dalam diagnostik, tapi tidak semua kondisi dan jenis penyakit seseorang dapat dengan jelas terdeteksi kelainannya oleh MSCT. Tumor misalnya, jika masih berukuran kecil, sulit dideteksi oleh alat ini.

Begitu juga dengan beberapa keterbatasan proses pemindaian untuk pasien dengan tubuh gemuk/obese-kesadaran terganggu-sangat kesakitan-anak kecil yang sulit diatur, atau organ yang bergerak-gerak (jantung) dan struktur organ yang rumit (tulang-tulang telinga).

Dengan demikian, hal seperti itu bisa membuat gambar yang terlihat tidak maksimal. Sehingga bukan tidak mungkin akan terjadi salah diagnostik atau terlambat dalam mencegah penyakit.

Sekarang ini, sudah banyak rumah sakit yang memiliki alat-alat tersebut, termasuk MSCT. Tapi, teknologi terkini MSCT yang memiliki 128 slice baru ada di Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk (RSPIK). Bahkan dikatakan hanya satu-satunya di Asia Tenggara.

MSCT-128 Slice baru diperkenalkan RSPIK sekitar pertengahan Juli lalu. Bertepatan dengan hari jadi ke-8 rumah sakit tersebut dan penyelenggaraan seminar awam bertema “Sehatkan Jantung Anda & Deteksi Dini Jantung Sehat dengan Multi Slice CT – 128”.

MSCT – 128 Slice
Tidak seperti generasi sebelumnya, MSCT – 128 Slice memiliki beberapa kelebihan yang bermanfaat untuk urusan diagnostik. Alat ini dapat membuat potongan sangat tipis dan cepat mengambil gambar (dari kepala sampai kaki pada orang dengan ketinggian 2 meter hanya dalam waktu 10 detik). Sehingga sangat cepat dan akurat bila harus melakukan pemeriksaan seluruh tubuh.

Alat ini dapat menghasilkan detail gambar sangat jelas. Batas dan perbedaan struktur jaringan normal dan abnormal dapat dengan jelas terlihat sehingga bermanfaat untuk mendeteksi penyebaran tumor.

Bahkan, perbedaan fungsi dan karakteristik struktur jaringan organ dapat diberi warna serta dapat dibuat tampilan gambar 3 dan 4 dimensi. Sehingga diagnosa yang selama ini hanya terbatas diagnosa morfologi organ, dengan alat ini, dapat juga digunakan untuk menilai secara fungsional.

Lebih dari itu, MSCT – 128 Slice pun dapat membuat detail gambar struktur pembuluh darah organ tubuh dengan jelas. Hal ini sangat bermanfaat dalam penilaian pembuluh darah organ seluruh tubuh. Alat ini memiliki akurasi dan ketajaman dalam mendeteksi kelainan organ lebih baik, cepat dan tepat dibading generasi sebelumnya.

Proteksi radiasi alat ini pun cukup baik dengan Adaptive Dose Shield yang mampu menurunkan 50% radiasi yang diterima pasien. Di samping itu, dosis radiasi dapat dikontrol dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Rongga MSCT – 128 Slice cukup luas dan lebar. Sehingga bisa digunakan untuk pasien gemuk (BB 300 kg), dan pasien yang tidak kooperatif (anak, pasien tidak sadar). Apalagi pemeriksaan berlangsung dengan sangat cepat.

Begitu juga pada pemeriksaan jantung, dengan keadaan denyut yang cepat atau tidak teratur (aritmia) yang selama ini menjadi masalah pada alat generasi sebelumnya, tidak lagi menjadi masalah. Karena alat ini dapat lebih cepat mengambil gambar dari denyut jantung.

Pengambilan gambar menyesuaikan dengan denyut jantung sehingga pada keadaan aritmia tidak menjadi kendala. Juga tidak perlu menunggu denyut jantung di bawah 70 kali/menit.

Pemeriksaan Jantung
Seperti yang telah disebutkan, bahwa MSCT – 128 Slice dapat memeriksa seluruh tubuh dengan cepat dan akurat. Bahkan jantung yang berdegup pun bisa diambil gambarnya.

Dari sekian banyak kepentingan diagnostik, pemeriksaan jantung adalah yang paling diuntungkan dengan adanya alat ini. Karena jantung merupakan organ vital manusia selain ginjal yang penting untuk aliran darah.

Dengan adanya alat ini, pemeriksaan jantung seperti pada penderita jantung koroner akan semakin baik diagnostiknya.

Keuntungan lainnya adalah kemampuan alat ini untuk melihat peredaran darah di pembuluh. “Kalau dulu, kami susah mendeteksi aliran darah. Tapi, dengan alat ini, kita bisa memeriksa aliran darah termasuk yang di jantung,” kata Dr Herlina Uinarni, Sp.Rad.

Dari sekian banyak metode pemeriksaan jantung, seperti treadmil, USG, atau radioaktif, hanya MRI dan MSCT yang mampu mendeteksi jantung sampai pembuluh darahnya. “Dengan begitu, dokter pun akan lebih spesifik dan detail melihat apa yang terjadi di jantung kita,” jelas Dr. Ramli, Sp.JP.

Alat ini sebenarnya masih merupakan bagian dari sinar X dan terinspirasi seperti mesin potong roti. Sistimnya dengan cara gambar dipotong-potong dan direkonstruksi oleh komputer,” kata Dr Herlina Uinarni.

Kalau biasanya sinar X hanya mampu melihat posisi dan ukuran jantung, tapi dengan alat ini, kita bisa melihat jantung dengan gambar 3 dimensi.

Dalam pemeriksaan jantung menggunakan alat ini, pasien terlebih dulu harus diperiksa. Terutama denyut jantungnya, apakah tinggi atau rendah. Kalau memang denyut jantungnya tinggi, ujar Dr. Ramli, Sp.JP, akan kita kasih obat untuk memperlambat. Hal ini berguna agar gambar yang akan diambil bagus dan agar diagnosanya tepat.

Pengambilan gambar dengan MSCT – 128 Slice tidak berlangsung lama. Hanya 10 detik untuk seluruh badan dan akan lebih cepat lagi kalau yang diperiksa hanya kepala atau badan saja. “Lamanya hanya waktu pemeriksaan awal yang bisa satu hari,” ucap Dr Herlina Uinarni, Sp.Rad.

Sebagai alat yang menggunakan teknologi sinar X, tentunya akan terdapat radiasi yang akan menyertainya. Namun, jangan khawatir karena MSCT – 128 Slice sudah dilengkapi dengan perangkat lunak (software) yang mampu mereduksi radiasi sampai 50%.

Lagi pula, radiasi hanya terjadi pada bagian tubuh yang akan direkam gambarnya.
Misalnya, bila yang direkam kepala, maka radiasi hanya terjadi di bagian tubuh tersebut. Dengan waktu rekam gambar yang terhitung sangat cepat, sepertinya radiasi dapat diminimalisir sekecil mungkin. “Bahkan, pemeriksaan menggunakan MSCT pun tidak masalah buat anak-anak,” ungkap Dr Herlina Uinarni, Sp.Rad.

Bagi pihak RSPIK sendiri, hadirnya alat yang harganya miliaran rupiah ini sebagai bentuk dari peningkatan pelayanan kesehatan buat masyarakat. “Sebelumnya kita memang sudah punya MSCT dari generasi sebelumnya, tapi yang ini memang sebagai wujud dari komitmen kami untuk memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik pada masyarakat,” kata Manajer Pengembangan Sumber Daya Manusia RSPIK, Drs. Rizal Bachrum, M.Psi.

Meski murni hanya sebagai alat diagnosis, dengan adanya MSCT – 128 Slice di RSPIK, sepertinya masyarakat yang sering berobat ke luar negeri bisa tereduksi. Apalagi alat ini baru satu-satunya tersedia di kawasan asia tenggara.

0 komentar:

Artikel Berkaitan

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP